Wulandari, Heska (2011) Perbandingan penerapan pembelajaran aktif (active learning) model cooperative script dengan model articulation dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Sukorejo / Heska Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci cooperative script articulation hasil belajar Pembelajaran aktif (active learning) merupakan salah satu alternatif yangdapat diterapkan di kelas untuk mendorong siswa agar lebih aktif dalam mengikutiproses belajar mengajar yang sedang berlangsung sehingga dapat menggeser pembelajaran yang selama ini sering diterapkan yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) menjadi student centered. Namun kondisi sepertiyang diharapkan di atas masih belum diterapkan di kelas terutama di SMP Negeri1 Sukorejo khususnya pada mata pelajaran ekonomi pada pokok bahasanperusahaan dan badan usaha. Guru ekonomi di sekolah ini masih seringmenerapkan pembelajaran konvensional (ceramah). Dalam pembelajaran ini gurumenjadi satu-satunya sumber belajar sedangkan siswa berperan pasif dan tidakjarang siswa merasa bosan menerima pelajaran bahkan terkadang siswakebingungan dan belum mengerti dengan penjelasan yang disampaikan oleh guru.Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebutadalah dengan menerapkan pembelajaran aktif. Ada beberapa macam jenis modelpembelajaran aktif diantaranya yaitu modelcooperative script dan modelarticulationarticulation adalah model pembelajaran yang menuntut siswaaktif dalam pembelajaran di mana siswa dibentuk menjadi kelompok kecil yangmasing-masing siswa dalam kelompok tersebut mempunyai tugas mewawancaraiteman kelompoknya tentang materi yang baru dibahas. Dengan menerapkan keduamodel pembelajaran di atas diharapkan siswa dapat lebih aktif selama prosespembelajaran berlangsung sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianpreexperimental design dengan rancangan yang digunakan adalah the static grouppretest postest design Dalam penelitian ini peneliti melakukan eksperimendengan menerapkan model pembelajaran baru yang belum pernah digunakan dikelas. Peneliti mengambil dua kelas sampel yang diberi nama kelas eksperimen 1dan kelas eksperimen 2 dan kemudian mengukur dan membandingkan hasilbelajar siswa dari masing-masing kelas tersebut. Teknik pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi lembar wawancaraterstruktur lembar observasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisisdeskriptif uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dan ujihipotesis yaitu uji beda rata-rata kemampuan awal (t-test) kemampuan akhir (ttest) dangain value (t-test). Dengan diterapkannya kedua model tersebut di kedua kelas yang berbeda siswa merasa lebih senang dalam menerima pelajaran. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama ada peningkatan hasil belajarsiswa yang diajarkan dengan menerapkan pembelajaran aktif (active learning)modelcooperative script. Peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai rata-ratapretestsiswa sebelum diberikan perlakuan dan dari nilai rata-rata postest siswasetelah diberikan perlakuan. Nilai rata-ratapretest siswa kelas yang diajar denganmodelcooperative script sebesar 40 64 sedangkan nilai rata-rata postestnyasebesar 74 49. Kedua ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VII yangdiajarkan dengan menerapkan pembelajaran aktif (active learning) modelarticulation. Nilai rata-rata pretest siswa kelas yang diajar dengan modelarticulationsebesar 41 88. Sedangkan nilai rata-rata postest yaitu 84 63. Ketiga hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasanperusahaan dan badan usaha di SMP Negeri 1 Sukorejo yang diajarkan denganmenerapkan pembelajaran aktif (active learning) model articulation lebihmeningkat jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan denganmenerapkan pembelajaran aktif (active learning) model cooperative script. Hal inidapat dilihat dari nilai rata-ratagain value kedua kelas. Kelas dengan modelcooperative scriptmemiliki nilai rata-rata gain value sebesar 33 85 sedangkankelas dengan modelarticulation sebesar 42 75.. Model cooperative script adalah model belajar di mana siswa bekerjaberpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38934 |
Actions (login required)
View Item |