Firmania, Dini (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan motion graphics berbantuan articulate storyline 3 pada materi siklus hidrologi / Dini Firmania</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu materi dalam mata pelajaran geografi yang sering menjadi tantangan bagi guru dan peserta didik untuk mempelajarinya karena tidak dapat diamati secara langsung dan bersifat dinamis adalah siklus hidrologi. Oleh karena itu guru dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi untuk membantu menyampaikan materi atau data yang berhubungan dengan siklus hidrologi. Tujuan penelitian yaitu untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis siklus hidrologi dengan menggunakan articulate storyline 3 dan motion graphic. Penelitian ini ditujukan kepada peserta didik kelas X SMAS Diponegoro Tumpang. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan atau R amp D. Model ADDIE digunakan dalam pengembangan penelitian ini. Tahapan yang ada dalam model tersebut yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Angket semi tertutup digunakan untuk pengumpulan data. Metode analisis deskriptif digunakan dalam proses analisis data. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa penilaian ahli materi sebesar 87% masuk dalam kategori Baik ahli media sebesar 84% masuk dalam kategori Baik guru mata pelajaran dan peserta didik sebesar 86% masuk dalam golongan Baik. Temuan penelitian lanjutan ini adalah bahwa penelitian ini menggunakan komponen teks gambar rekaman pengisi suara dan komponen gerak tambahan yang akan dipadukan menjadi desain media gerak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/389332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |