Qur'ano, Muhammad (2024) Persepsi guru mata pelajaran geografi terhadap implemantasi kurikulum merdeka di SMA Negeri se-Kota Malang / Muhammad Qur\'ano</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru geografi dalam melihat pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri di Kota Malang. Kurikulum bebas yang diusulkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2019 berfokus pada fleksibilitas dan keterbukaan dalam pendidikan. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan fenomenologis penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam dengan guru Geografi. Penelitian menunjukkan bahwa guru memahami kurikulum merdeka dan prinsipnya dengan baik. Mereka memiliki kemampuan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan proyek mengubah modul kelas untuk memenuhi kebutuhan siswa dan memasukkan proyek siswa Pancasila ke dalam kurikulum mereka. Namun masalah seperti zonasi dan adaptasi teknologi untuk guru yang lebih tua masih perlu diselesaikan. Pembelajaran yang baik didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai di sekolah. Untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka penelitian ini menekankan pentingnya dukungan yang lebih intensif termasuk pelatihan dan penyediaan sumber daya. Hasil dapat digunakan sebagai referensi untuk perbaikan lebih lanjut dalam pelaksanaan kurikulum ini di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/389330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |