Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode kooperatif tipe STAD dengan metode talking stick pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Durenan-Trenggalek / Nurlita Savitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode kooperatif tipe STAD dengan metode talking stick pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Durenan-Trenggalek / Nurlita Savitri

Savitri, Nurlita (2011) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode kooperatif tipe STAD dengan metode talking stick pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Durenan-Trenggalek / Nurlita Savitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata Kunci Hasil Belajar Siswa Metode Kooperatif Tipe STAD Metode Talking Stick. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut adanya perubahan dan perkembangan disegala aspek pendidikan. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam memperbaiki mutu sumber daya manusia kemajuan suatu bangsa hanya bisa dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat meningkatkan harkat martabat manusia Indonesia. Oleh karena itu peningkatan dan pembaharuan dalam bidang pendidkan harus terus dilakukan agar tujuan dari pendidikan nasional dapat tercapai. Salah satu metode pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru dalam kelas pada SMA Negeri 1 Durenan-Trenggalek adalah metode konvensional/ceramah. Guru yang paling mendominasi dalam proses pembelajaran dan dianggap sebagai salah satu sumber informasi bagi siswa. Pembelajaran ekonomi dengan metode konvensional/ceramah cenderung meminimalkan keterlibatan siswa sehingga guru nampak lebih aktif. Kebiasaan bersikap pasif dalam pembelajaran dapat mengakibatkan sebagian besar siswa takut dan malu bertanya pada guru mengenai materi yang kurang dipahami. Suasana belajar di kelas menjadi sangat monoton dan kurang menarik. Maka dari itu peneliti akan mencoba menerapkan metode kooperatif tipe STAD dan metode Talking Stick. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) sebab penelitian ini menggunakan dua kelompok satu kelompok sebagai kelas eksperimen 1 dan satu kelompok sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 dalam penelitian ini adalah kelas yang dalam proses pembelajaran menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) sedangkan kelas eksperimen 2 adalah kelas yang dalam proses pembelajarannya menggunakan metode Talking Stick. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Statistik Group Pretes-Postes Design serta pemilihan kelompok sampel yang dilakukan dengan dipilih 2 kelas dengan teknik purposive sampling. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut memiliki potensi yang hampir sama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus dan RPP soal pre tes soal post tes soal tugas kelompok dan catatan lapangan. Hasil belajar siswa diukur berdasarkan hasil pre test dan post test. Hasil belajar siswa yang diajar dengan metode kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode Talking Stick. Hal ini dibuktikan dengan adanya nilai rata-rata kelas eksperimen 1 setelah diberi perlakuan pada saat post test yaitu 80 79 sedangkan rata-rata kelas eksperimen 2 setelah diberi perlakuan pada saat post test yaitu 75 65. Setelah di adakan perlakuan dan post test maka nilai dari kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berbeda secara signifikan. Dapat di simpulkan bahwa kedua rata rata tidak identik karena nilai Sig. (0 004) 0 05. Keadaan ini menunjukkan bahwa metode kooperatif tipe STAD dapat menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi. Dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD siswa dapat Siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya dengan memilih metode dan pendekatan pembelajaran yang menjadikan siswa lebih aktif dan tidak membosankan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas sehingga dapat mendukung kegiatan belajar dikelas. Guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode Talking Stick dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Kepada peneliti lain dapat menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta dengan materi yang berbeda agar mendapatkan data yang lebih baik dalam penelitian tentang metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode Talking Stick.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38933

Actions (login required)

View Item View Item