Penerapan model project based learning pada materi mitigasi bencana untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa / Cahyaning Wulan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model project based learning pada materi mitigasi bencana untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa / Cahyaning Wulan</p>

Wulan, Cahyaning (2024) Penerapan model project based learning pada materi mitigasi bencana untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa / Cahyaning Wulan</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran geografi di kelas masih memiliki permasalahan didalamnya. Salah satu permasalahan yang terjadi di kelas XI-9 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kepanjen adalah rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir kreatif. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan siswa dalam berpikir kreatif yaitu 57 yang tergolong cukup berdasarkan distribusi kemampuan berpikir kreatif. Model PjBL merupakan model yang berciri penggunaan masalah dalam awal pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kreatif dengan penerapan model PjBL. Peneltian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan II siklus yaitu siklus satu dan dua dengan siswa kelas XI 9 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kepanejen sebagai subjeknya. Instrumen dalam penelitian yaitu tes dengan pemberian 4 soal berjumlah 4 butir yang diberikan disetiap akhir siklus satu dan dua. Hasil pengolahan data menunjukkan rerata kemampuan siswa dalam berpikir kreatif disetiap tahapnya terus mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kemampuan siswa dalam berpikir kreatif pada pra-tindakan yaitu 57 meningkat 70 di siklus satu dan disiklus dua 87. Sintaks yang paling berpengaruh dalam memunculkan seluruh indikator kemampuan siswa dalam berpikir kreatif adalah sintaks pertama penentuan pertanyaan mendasar sintaks keempat yaitu monitoring dan sintaks kelima yaitu penilaian. Indikator yang paling mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kreatif adalah indikator berpikir lancar dengan peningkatan dari pra tindakan ke siklus satu sebanyak 20% dan dari siklus satu ke siklus dua sebanyak 32%

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389327

Actions (login required)

View Item View Item