Pembelajaran contextual teaching and learning efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar siswa / Farah Fadhillah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran contextual teaching and learning efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar siswa / Farah Fadhillah</p>

Fadhillah, Farah (2024) Pembelajaran contextual teaching and learning efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar siswa / Farah Fadhillah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada efektivitas antara penggunaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran konvensional berpengaruh dalam kemampuan berpikir kritis berdasarkan gaya belajar khususnya pada materi mitigasi bencana di pelajaran Geografi. Riset ini dilakukan di SMAN 1 Turen pada Kelas XI IPS 3 yang dijadikan kelompok eksperimen yang menerapkan model CTL sementara kelas XI IPS 4 yang dijadikan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan ialah posttest only control group desain yang merupakan penelitian quasi eksperimen. Kemampuan berpikir kritis diukur melalui pemberian tes berupa soal essay. Variabel bebas dalam penelitian ini ialah model CTL sementara variabel terikat ialah kemampuan berpikir kritis dan variabel moderat ialah gaya belajar. Data dihasilkan dari pemberian test serta penyebaran angket dari 59 responden. Setelah data terkumpul dilakukan Uji Friedman sebagai uji statistik karena data tidak menyebar secara merata. Hasil signifikan memperoleh 0 000 (nilai ini kurang dari 0 05) dalam kualifikasi uji Friedman berdasarkan gaya belajar dan hasil posttest menunjukan penolakan terhadap Ho sedangkan H1 diterima. Hipotesis yang diajukan mengarah pada kesimpulan bahwa Pembelajaran CTL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Nov 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389324

Actions (login required)

View Item View Item