Perbandingan model pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen pada kelas VIII semester genap 2010/ - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen pada kelas VIII semester genap 2010/

Setyorini, Yeni Tri (2011) Perbandingan model pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen pada kelas VIII semester genap 2010/. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite Review) Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Motivasi dan Hasil Belajar. Model pembelajaran PQ4R merupakan salah satu strategi belajar dimana guru membantu siswa mengingat apa yang mereka baca dan dalam pembelajaran tersebut terdiri beberapa langkah-langkah antara lain preview (membaca selintas dengan cepat) question (bertanya) read (membaca) reflect (refleksi) recite (tanya jawab sendiri) serta review (mengulang secara menyeluruh). Mengajar yang baik mencakup mengajari siswa bagaimana belajar mengingat berpikir dan mendorong diri sendiri. Strategi ini digunakan untuk meningkatkan kinerja memori dalam memahami substansi teks yang dapat mendorong pembaca melakukan pengolahan materi secara lebih mendalam dan luas. Hal ini menyebabkan pentingnya strategi-strategi belajar diajarkan anak didik untuk meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan dari memecahkan masalah tersebut dan sekaligus siswa dapat memiliki keterampilan untuk memecahkan suatu masalah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 2. Dua kelas penelitian ini mendapatkan perlakuan yang berbeda kelas eksperimen 1 mendapat perlakuan model pembelajaran PQ4R sedangkan kelas eksperimen 2 mendapatkan perlakuan model pembelajaran PBL. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kelas eksperimen 1 mendapatkan hasil belajar lebih baik dari kelas eksperimen 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PQ4R lebih efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) bagi guru model pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat diterapkan pada proses pembelajaran dikelas (2) untuk siswa strategi PQ4R ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan daya ingat daya berfikir dan kreatifitas siswa (3) untuk peneliti berikutnya disarankan melakukan penelitian-penelitian yang berkaitan peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar dengan menggunakan strategi maupun model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38931

Actions (login required)

View Item View Item