Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) pada mata pelajaran IPS sub mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang / Wuri Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) pada mata pelajaran IPS sub mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang / Wuri Agustina

Agustina, Wuri (2011) Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) pada mata pelajaran IPS sub mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang / Wuri Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajara Student Facilitator And Explaining (SFAE) hasil belajar PTK. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan membawa perubahan pada banyak aspek kehidupan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan tersebut kita perlu menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas serta berdaya saing untuk mencapai kesejahteraan. Suatu pendidikan dikatakan berkualitas apabila pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Namun selama ini banyak sekali anggapan bahwa pengatahuan yang diperoleh hanyalah seperangkat fakta-fakta yang dihafal oleh siswa karena pembelajaran di kelas kebanyakan masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan atau dengan kata lain suasana kelas cenderung bersifat Teacher Centered dimana peran guru bersifat aktif. Sementara itu peran siswa pada proses pembelajaran bersifat pasif. Bardasarkan hasil pengamata awal di SMP Negeri 17 Malang pembelajaran masih secara konvensional yang artinya masih berpusat pada guru hal ini mengakibatkan siswa hanya menghafal dan bekerja secara prosedural siswa juga akan merasa jenuh karena peran guru dalam pembelajaran terlalu dominan sehingga banyak siswa yang kurang aktif dalam belajar. Sehingga yang bisa dilakukan oleh guru adalah diperlukan model pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengaktualisasikan diri dengan memberdayakan potensi yang dimiliki siswa salah satunya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Student Facilitator And ExplainingStudent Facilitator And Explaining (SFAE) yang dilakukan dalam mata pelajaran IPS Sub.Mata Pelajaran Ekonomi kelas VIIIE di SMP Negeri 17 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 36 siswa (81 8%) yang belum tuntas 8 siswa (18 2%). Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 41 siswa (93 1%) yang belum tuntas 3 siswa (6 9%). Kritria ketuntasan minimal (KKM) adalah 65 sedangkan KKM klasikal 85% dari jumlah keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian saran dalam menerapkan model Student Facilitator And Explaining apat menjadi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa selain itu penerapan model pembelajaran SFAE hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan oleh guru. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar tidak hanya menilai hasil belajar tapi juga menilai segala aktivitas atau keaktifan setiap siswa dalam melaksanakan langkah-langkah model ini. merupakan model pembelajaran dimana siswa/peserta didik belajar mempersentasikan ide/pendapat pada rekan peserta didik lainnya. Model pembelajaran ini efektif untuk melatih siswa berbicara untuk menyampaikan ide/gagasan atau pendapat sendiri. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes akhir belajar. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 17 Malang yang terdiri dari 44 siswa. Langkah-langkah model pembelajaran ini adalah kelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 5-6 siswa dalam satu kelompok kemudian guru menbagikan hand out sebagai bahan diskusi. Selanjutnya siswa maju kedepan kelas untuk menjelaskan materi yang telah didiskusikan bersama kelompoknya dimana pada kegiatan ini siswa berperan sebagai Facilitator and Explaining. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38928

Actions (login required)

View Item View Item