Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achiement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dfan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang-Batang Sumenep / Syafaatul Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achiement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dfan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang-Batang Sumenep / Syafaatul Hidayati

Hidayati, Syafaatul (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achiement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dfan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang-Batang Sumenep / Syafaatul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran kooperatif tipe STAD motivasi hasil belajar Metode pembelajaran merupakan unsur penting yang mendukung tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan dalam proses belajar mengajar. Melalui metode pembelajaran seorang guru dapat merancang dan mengarahkan proses pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Oleh karena itu guru harus peka dan mampu memilih serta menentukan metode pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar agar tercapai hasil belajar yang optimal. Strategi yang menuntut keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu tipe dalam model pembelajaran kooperatif adalah Student Teams Achievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang-Batang Sumenep (2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang-Batang Sumenep (3) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang-Batang Sumenep (4) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang-Batang Sumenep. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Waktu pelaksanaan penelitian ini selama dua siklus mulai tanggal 1 Februari sampai tanggal 14 Februari 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri1Batang-Batang Sumenep sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Berdasarkan hasil perhitungan data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Untuk itu maka disarankan bagi guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Batang-Batang Sumenep pada khususnya dan guru IPS di sekolah lain pada umumnya untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di dalam kelas. Bagi peneliti lanjutan untuk diadakan penelitian lanjutan dengan cakupan materi yang lebih luas dan memadukan beberapa metode pembelajaran yang dikenal selama ini. Disamping itu bagi dinas pendidikan setempat supaya lebih sering memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang model pembelajaran yang ada sekarang secara merata pada semua sekolah-sekolah baik yang ada di kota maupun di kecamatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38924

Actions (login required)

View Item View Item