Pengaruh nilai matematika terhadap hasil belajar ekonomi yang dikontrol dengan variabel intervening emotional quotient (EQ) (Studi pada siswa kelas VII. 5 dan Vii.6 SMP Negeri 6 Malang) / Sri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh nilai matematika terhadap hasil belajar ekonomi yang dikontrol dengan variabel intervening emotional quotient (EQ) (Studi pada siswa kelas VII. 5 dan Vii.6 SMP Negeri 6 Malang) / Sri Wulandari

Wulandari, Sri (2011) Pengaruh nilai matematika terhadap hasil belajar ekonomi yang dikontrol dengan variabel intervening emotional quotient (EQ) (Studi pada siswa kelas VII. 5 dan Vii.6 SMP Negeri 6 Malang) / Sri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kecerdasan emosional Hasil Belajar. Kecerdasan emosi merupakan suatu kemampuan seseorang untuk memahami diri sendiri dan orang lain dengan menggunakan perasaannya untuk dapat memandu pikiran dan tindakannya. Sedangkan hasil belajar merupakan nilai yang didapatkan siswa dari hasil nilai tugas maupun nilai ulangan harian. Kecerdasan emosional sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Semakin baik tingkat kecerdasan emosional siswa maka semakin baik juga hasil belajar yang didapatkan oleh siswa. Kecerdasan emosional yang baik adalah ketika seorang siswa mampu mengelola perasaan mereka dengan benar. Jadi siswa yang mudah mengelola perasaan mereka maka akan mempermudah mereka dalam pencapaian hasil belajar secara maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research sedangkan ditinjau dari hubungan variabelnya penelitian ini tergolong penelitian Asosiatif Kausalitas. Analisis yang digunakan adalah Path Analysis. Variabel dalam penelitian ini meliputi nilai matematika (X1) sebagai variabel bebas kecerdasan emosional (X2) sebagai variabel intervening dan hasil belajar ekonomi (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII.5 dan VII.6 SMP Negeri 6 Malang tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 77 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif secara langsung antara nilai matematika terhadap hasil belajar ekonomi siswa sebesar 0 391 dan mempunyai thitung ttabel (3 683 1 991). Kecerdasan emosional siswa berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 0 237 dengan thitung ttabel (2 051 1 991) serta nilai matematika berpengaruh positif secara langsung terhadap kecerdasan emosional sebesar 0 245 dengan thitung ttabel (2 116 1 991). Sedangkan nilai matematika berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar ekonomi melalui kecerdasan emosional sebesar 0 093.Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah (1) diharapkan guru mengetahui bagaimana cara menghadapi siswa yang memiliki kecerdasan emosi berbeda . (2) bagi siswa diharapkan untuk terus belajar dengan baik serta dapat menjaga kestabilan emosi dengan baik agar dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. (3) Untuk penelitian selanjutnya yang melakukan penelitian dengan topik yang sama diharapkan dapat mengambil populasi yang lebih besar dari populasi penelitian ini dan dapat dilakukan di tempat/jenjang pendidikan yang berbeda. Sehingga hasil penelitian nantinya dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38923

Actions (login required)

View Item View Item