Pengaruh persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sutojayan / Eka Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sutojayan / Eka Agustina

Agustina, Eka (2011) Pengaruh persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sutojayan / Eka Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dari hasil penetelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara parsial maupun simultan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Maka disarankan untuk guru agar lebih menguasai keterampilan mengajar dan agar lebih mendorong siswa agar mempunyai minat belajar yang lebih baik. Persepsi Keterampilan mengajar guru Minat dan Hasil belajar Salah satu fungsi pendidikan Menurut pasal 3 UU no. 20 Tahun 2003 yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta beradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sesuai dengan tujuan diatas agar upaya terciptanya pendidikan yang baik itu terwujud maka diperlukan adanya pengajar atau pendidik yang mampu melaksanakan tugas secara mandiri dan professional. Peranan guru di sekolah sangat penting dalam proses belajar mengajar dan menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa maka guru harus benar-benar menguasai keterampilan mengajar di sekolah. Dalam proses pembelajaran di dalam kelas setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam menguasai materi yang disampaikan oleh guru semua itu dipengaruhi oleh kepandaian yang dimiliki setiap siswa berbeda-beda selain itu persepsi yang dimiliki siswa terhadap cara mengajar guru juga berbeda. Selain keterampilan guru minat belajar siswa juga sangat penting agar hasili belajar peserta didik baik sehingga pada akhirnya prestasi belajarpun juga baik Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Sutojayan dalam kegiatan pembelajaran guru-guru di sana menggunakan metode belajar yang berbeda dalam setiap mata pelajaran. Peneliti juga melakukan wawancara dengan salah satu guru ekonomi bahwa guru tersebut sudah lulus sertifikasi. Dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sutojayan guru tersebut memberikan materi pembelajaran disesuai dengan kurikulum dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dan Peneliti juga melakukan wawancara kepada beberapa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sutojayan dalam pembelajaran ekonomi siswa tersebut merasa senang bila guru tersebut yang mengajarnya dan materi yang diberikan juga mudah di mengerti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sutojayan.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis deskriptif analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik.Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk memperoleh data dan informasi melalui observsi awal pembagian kuisioner dan dokumentasi. Dari langkah tersebut kemudian dilakukan analisis untuk mengukur validitas dan reliabilitas keabsahan data. Data dikumpulkan dengan menyebarkan 58 kuesioner pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sutojayan yang dipilih dengan teknik random sampling. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru sangat baik dengan persentase 37 93% sedangkan mayoritas minat belajar siswa cukup baik dengan persentase 36 2% dan mayoritas hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sangat baik dengan persentase 56 8%. Berdasarkan tabel coefficient regresi diketahui probabilitas (Sig.) 0 001 0 05. dan t hitung (3 948) ttabel (55 0 05) (2 004). Oleh karena itu Ha 1 diterima maka variabel X1 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Sedangkan untuk variabel minat belajar siswa di ketahui probabilitas (Sig.) 0 014 0 05. dan t hitung (2 531) ttabel (55 0 05) (2 004). Oleh karena itu Ha 2 diterima maka variabel X2 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Dari tabel tersebut diketahui adjusted R 2sebesar .382 yang berarti bahwa 38 2% hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dipenngaruhi oleh persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru ekonomi dan minat belajar siswa sedangkan sisanya sebesar 61 8% dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar variabel dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38922

Actions (login required)

View Item View Item