Pengaruh lingkungan keluarga dn perilaku menyimpang siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang / Aulia Qanitati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dn perilaku menyimpang siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang / Aulia Qanitati

Qanitati, Aulia (2011) Pengaruh lingkungan keluarga dn perilaku menyimpang siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang / Aulia Qanitati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lingkungan Keluarga Perilaku Menyimpang Siswa Prestasi Belajar. Prestasi belajar tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut dapat berasal dari dalam maupun dari luar. Faktor-faktor yang berasal dari dalam diri anak bersifat biologis sedangkan faktor yang berasal dari luar diri anak antara lain adalah faktor keluarga sekolah masyarakat dan sebagainya. Diantara faktor-faktor tersebut penelitian ini mengkhususkan pada lingkungan keluarga dan perilaku menyimpang siswa. Tujuannya adalah untuk menganalisis (1) Keadaan lingkungan keluarga siswa (2) Tingkat perilaku menyimpang siswa (3) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa (4) Pengaruh perilaku menyimpang siswa terhadap terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa (5) Pengaruh secara simultan lingkungan keluarga dan perilaku menyimpang siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Bersifat deskriptif karena bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang keadaan lingkungan keluarga dan tingkat kenakalan siswa. Bersifat korelasional karena penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 103 siswa dan sampel sebanyak 51 siswa. Sampel di ambil secara acak. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) Keadaan lingkungan keluarga siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang cukup baik dengan persentase sebesar 45 10% dan memiliki hubungan yang positif. (2) Tingkat perilaku menyimpang siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang rendah dengan persentase sebesar 51% dan memiliki hubungan yang negatif. (3) Secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang. (4) Secara parsial terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara variabel perilaku menyimpang siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang. (5) Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan perilaku menyimpang siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang. Disarankan kepada lingkungan keluarga khususnya orang tua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang agar lebih membantu siswa saat belajar di rumah dan menciptakan suasana rumah yang nyaman untuk mendukung kegiatan belajar siswa di rumah. Untuk siswa SMA Negeri 5 Malang sebaiknya bisa mengendalikan sikap baik di sekolah maupun di luar sekolah agar tidak terjadi perilaku menyimpang sehingga prestasi belajar di sekolah baik atau sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih memperluas variabel penelitian selain variabel yang diteliti dalam penelitian ini seperti variabel disiplin belajar fasilitas belajar dan sebagainya yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Serta diharapkan juga teknik pengambilan data tidak hanya dilakukan dengan penyebaran angket atau kuesioner tetapi dengan teknik wawancara dan observasi agar hasil penelitian lebih obyektif dan akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38921

Actions (login required)

View Item View Item