Komunikasi kepala sekolah dengan warga sekolah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah pada SMPK Kolese Santo Yusup 2 di Kota Malang / Zusnya Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Komunikasi kepala sekolah dengan warga sekolah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah pada SMPK Kolese Santo Yusup 2 di Kota Malang / Zusnya Fatmawati

Fatmawati, Zusnya (2018) Komunikasi kepala sekolah dengan warga sekolah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah pada SMPK Kolese Santo Yusup 2 di Kota Malang / Zusnya Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fatmawati Zusniya. 2018. Komunikasi Kepala Sekolah dengan Warga Sekolah untuk Mewujudkan Visi dan Misi Sekolah pada SMPK Kolese Santo Yusup 2 di Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sorbri S.sos Kata Kunci Komunikasi Kepala Sekolah Visi dan Misi Sekolah Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain baik individu maupun kelompok untuk mengubah sikap pendapat atau perilaku baik itu secara langsung maupun menggunakan media komunikasi. Komunikasi merupakan hal terpenting bagi manusia karena dengan adanya komunikasi yang lancar dapat membantu pelaksanaan tugas secara efektif dan efisien. Peranan komunikasi tidak hanya sebagai sarana atau alat bagi kepala sekolah untuk menyampaikan pesan atau informasi karena tidak akan ada satupun organisasi yang dapat menjalankan fungsinya tanpa ada komunikasi dan bahkan organisasi tidak akan bisa berdiri tanpa adanya komunikasi. Visi merupakan tujuan dari suatu lembaga pendidikan dan apa yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam usaha untuk mewujudkan visinya tersebut. Sebuah visi harus bisa menjadi inspirasi serta motivasi bagi seluruh warga sekolah akan ide-ide yang ingin diwujudkan dan sebuah visi harus dapat menginspirasi gerak kinerja warga sekolahnya dengan kata lain visi menjadi suatu hal yang sangat penting bagi suatu lembaga sekolah. Selain visi sebagai alat pendukung untuk meningkatkan kualitas sekolah terdapat pula misi. Misi merupakan pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh sebuah lembaga pendidikan dalam usaha mewujudkan visi sekolah tersebut dengan adanya misi sekolah maka tujuan dari visi sekolah dapat lebih terarah dan terfokuskan. Komunikasi kepala sekolah sangat dibutuhkan agar dapat mewujudkan visi dan misi dari sebuah sekolah. Kepala sekolah dalam upaya mewujudkan visi dan misi sekolah dapat bekerjasama dengan warga sekolah lainnya warga sekolah juga menjadi salah satu faktor penting dalam upaya mewujudkan visi dan misi sekolah. Jadi tanpa adanya keikutsertaan warga sekolah visi dan misi sekolah tidak akan dapat terlaksana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses komunikasi Kepala SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang cara kepala sekolah dalam membangun komunikasi di SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang faktor penghambat kepala sekolah dalam mewujudkan Visi dan Misi SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang dan faktor pendukung komunikasi kepala sekolah dalam mewujudkan Visi dan Misi SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif yaitu metode penelitian yang tidak menguji hipotesis melainkan memaparkan data dan mengelola data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data yaitu kredibilitas (credibility) keterlibatan (transferability) kepastian (confirmability). ii Temuan penelitian yang dilakukan di SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang menunjukkan hasil sebagai berikut (1) proses komunikasi Kepala SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang diantaranya (a) Proses komunikasi tatap muka dan (b) proses komunikasi melalui media grup whatsapp (2) cara komunikasi Kepala SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang diantaranya (a) pesan verbal lisan dan tertulis dan (b) pesan non verbal tindakan (3) faktor penghambat komunikasi kepala sekolah dalam mewujudkan Visi dan Misi SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang yaitu sumber daya manusia dan (4) faktor pendukung komunikasi kepala sekolah dalam mewujudkan Visi dan Misi SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang diantaranya (a) keterbukaan kepala sekolah (b) adanya rasa kekeluargaan (c) sosialisasi visi dan misi sekolah dan (d) Mars Visi dan Misi Kosayu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bagi (1) Kepala SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang komunikasi Kepala SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang sudah baik. Hal tersebut dibuktikan dengan faktor pendukung komunikasi yang ada namun diharapkan selalu mempertahankan dan meningkatkan komunikasi yang sudah dijalankan sehingga dengan kualitas komunikasi yang baik maka dapat mewujudkan Visi dan Misi SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang (2) Warga SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang komunikasi yang terjalin sudah bagus diharapkan rasa kekeluargaan antar warga sekolah dipertahankan dan terus dibangun agar komunikasi yang terjalin dapat lebih rukun lagi sehingga hubungan antar warga sekolah dapat terjalin dengan lebih harmonis lagi. Dengan begitu warga sekolah dapat meningkatkan kerjasamanya untuk sama-sama mewujudkan Visi dan Misi SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan komunikasi kepala sekolah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Serta agar tetap menjaga kerjasama yang baik antara Jurusan Administrasi Pendidikan dengan lembaga sekolah sebagai lokasi penelitian dan (4) Peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan agar peneliti lain dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain dan tempat lain yang belum terungkap terutama tentang komunikasi kepala sekolah dengan bidang lainnya yang relevan dengan Jurusan Administrasi Pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item