Wikandaru, Aditya (2011) Pengaruh kecerdasan intrapersonal dan prestasi belajar siswa terhadap keputusan penjurusan SMA Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk / Aditya Wikandaru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kecerdasan Intrapersonal Prestasi Belajar Keputusan Penjurusan Penjurusan merupakan pengorganisasian potensi diri siswa kelas X pada bidang lebih melingkup dan terkonsentrasi yaitu jurusan tertentu dengan meng-hasilkan keputusan penjurusan. Pada tahun pelajaran 2009-2010 SMA Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk direncanakan akan menghasilkan keputusan penjurusan terdiri dari jurusan IPA IPS dan Bahasa. Penelitian ini difokuskan pada keputusan penjurusan IPS. Keputusan penjurusan IPS diambil ketika rapat panitia di mana siswa kelas X telah memenuhi kriteria dan syarat akademik jurusan IPS. Syarat akademik penjurusan IPS poin ke-1 adalah minat siswa pada jurusan IPS yang tercantum dalam angket penjurusan. Angket penjurusan utama-nya berisi tentang jurusan pilihan I dan pilihan II yang diminati siswa. pilihan I sebagai pilihan yang diprioritaskan sedangkan pilihan II sebagai pilihan alternatif apabila pilihan I ditolak atau tidak memenuhi syarat akademik jurusan pilihan I. Minat siswa terhadap jurusan IPS secara logis menunjukkan kemampuan siswa mengenali potensi diri sendiri pada jurusan IPS. Untuk mengenali potensi diri ini siswa memerlukan suatu kecerdasan untuk mengenali kemampuan sendiri dan mengukur potensi yang dimiliki pada jurusan IPS sesuai dengan karakteristik jurusan IPS. Jenis kecerdasan ini secara umum dalam ilmu psikologi dikenal dengan istilah kecerdasan intrapersonal sebagai bagian dari Kecerdasan Majemuk (multiple intelligence) yang dikembangkan oleh Howard Gardner. Selain kecerdasan intrapersonal prestasi belajar pada mata pelajaran khas IPS menjadi bagian dari persyaratan akademik penjurusan IPS pada poin ke-2 dan ke-3. Prestasi belajar yang diteliti dibatasi prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Prestasi ini ditunjukkan dengan nilai rapor mata pelajaran ekonomi pada aspek kognitif tahun pelajaran 2009-2010. Siswa dinyatakan berprestasi apabila nilai rapor pada aspek kognitif 8805 74. Melalui prestasi belajar pada salah satu mata pelajaran khas IPS tersebut diharapkan dapat berpengaruh pada keputusan penjurusan IPS. Rumusan permasalahan yang diteliti adalah (1) bagaimana kecerdasan intrapersonal siswa kelas X (2) bagaimana prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X (3) apakah kecerdasan intrapersonal siswa kelas X secara parsial dapat berpengaruh signifikan terhadap keputusan penjurusan IPS (4) apakah prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X secara parsial dapat berpengaruh signifikan terhadap keputusan penjurusan IPS (5) apakah kecerdasan intrapersonal dan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X secara simultan dapat berpengaruh signifikan terhadap keputusan penjurusan IPS Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasinya adalah siswa kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel porportional random sampling dimana masing-masing kelas diambil sebanyak 25%. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi angket dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik. Sedangkan untuk menguji hipotesisnya menggunakan nilai uji t nilai uji F dan taraf signifikansi baik secara parsial maupun secara simultan. Untuk keperluan analisis data peneliti menggunakan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Dari olahan data penelitian diperoleh informasi bahwa (1) kecerdasan intrapersonal kelas X tergolong kategori tinggi (2) prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X tergolong kategori rendah (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan dari variabel kecerdasan intrapersonal (X1) siswa kelas X secara parsial terhadap keputusan penjurusan IPS (Y) (4) terdapat pengaruh negatif dari prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi (X2) siswa kelas X secara parsial terhadap keputusan penjurusan IPS (Y) (5) terdapat pengaruh positif yang signifikan dari kecerdasan intrapersonal (X1) dan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi (X2) siswa kelas X secara simultan terhadap keputusan penjurusan IPS (Y). Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk yang akan dijuruskan pada tahun pelajaran selanjutnya disarankan lebih memperdalam kecerdasan intra-personal masing-masing untuk memilih jurusan (khususnya pada pemilihan jurusan IPS). Hal ini dimaksudkan agar keputusan penjurusan secara tepat men-juruskan siswa pada pilihan prioritasnya dan tidak menyesal di kemudian hari. Prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi disarankan lebih ditingkatkan agar memberikan kontribusi pengaruh positif terhadap keputusan penjurusan IPS. Bagi guru BK hasil penelitian ini dijadikan sebagai acuan dalam memberi-kan bimbingan atau arahan bagi siswa agar memilih jurusan secara tepat sesuai dengan kecerdasan intrapersonal yang dimilikinya. Sedangkan bagi guru mata pelajaran ekonomi dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerjanya sekaligus untuk menjaring siswa yang berprestasi pada mata pelajaran ekonomi agar masuk pada jurusan IPS. Bagi peneliti selanjutnya disarankan tidak hanya mengukur kecerdasan intrapersonal pada jurusan IPS saja tetapi juga pada jurusan selain jurusan IPS agar dapat diketahui kecerdasan pada jurusan apa yang lebih dominan. Disamping itu peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain selain prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi termasuk semua mata pelajaran khas jurusan IPS agar dapat diketahui pengaruhnya secara lengkap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |