Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan metode numbered heads together (NHT) untuk meningkaykan partisipasi dan pretasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-4 SMAN 1 Sumberpucung Kabupaten Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan metode numbered heads together (NHT) untuk meningkaykan partisipasi dan pretasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-4 SMAN 1 Sumberpucung Kabupaten Malang

Setiawan, Arik Embi (2011) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan metode numbered heads together (NHT) untuk meningkaykan partisipasi dan pretasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-4 SMAN 1 Sumberpucung Kabupaten Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Contextual Teaching and Learning (CTL) Numbered Heads Together (NHT) Prestasi Belajar Upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia tidak pernah berhenti. Berbagai terobosan baru terus dilakukan oleh pemerintah melalui depdiknas. Banyak agenda reformasi yang telah sedang dan akan dilaksanakan. Reformasi pendidikan tidak cukup hanya dengan perubahan dalam sektor kurikulum baik struktur maupun prosedur perumusannya. Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar jika lingkungan diciptakan secara alamiah. Saat ini sering muncul anggapan bahwa ilmu Ekonomi adalah ilmu yang kurang menarik bila dibandingkan dengan ilmu lainnya. Anggapan ini muncul karena pelajaran ekonomi cenderung mengingat dan menghafal. Hal ini diperkuat dengan adanya hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Observasi tersebut dilakukan peneliti di SMAN 1 Sumberpucung kelas X-4 dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Sehingga 79% atau sekitar 25 siswa kelas X-4 nilainya masih dibawah siswa kelas X yang lain. Metode ceramah ini juga cenderung berpusat pada guru (teacher centered) guru masih berperan banyak dalam proses pembelajaran bila dibandingkan dengan siswanya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) karena penelitian ini merupakan bentuk kajian yang bersifat reflektif untuk pelaku tindakan (karena digunakan untuk memperoleh gambaran tentang keadaan peristiwa maupun kejadian secara alami di kelas seperti aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penerapan pendekatan contextual teaching and learning dengan meng-gunakan metode numbered heads together dapat meningkatakan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Sumberpucung sebesar 58.75% pada siklus I meningkat menjadi 88% pada siklus II. Penerapan pendekatan contextual teaching and learning dengan menggunakan metode numbered heads together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Sebesar 90 62% siswa kelas X-4 mengalami peningkatan prestasi belajar setelah menggunakan pendekatan contextual teaching and learning dengan menggunakan metode numbered heads together.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38918

Actions (login required)

View Item View Item