Pengaruh tingkat entelegensi, kebiasaan belajar, tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah, dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang) / Wahyu Afantin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat entelegensi, kebiasaan belajar, tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah, dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang) / Wahyu Afantin

Afantin, Wahyu (2011) Pengaruh tingkat entelegensi, kebiasaan belajar, tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah, dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang) / Wahyu Afantin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci tingkat intelegensi kebiasan belajar tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah kondisi ekonomi orang tua hasil belajar Intelegensi adalah kemampuan indifidu berdasarkan kapasitas/ kecakapan umum untuk memberikan respon yang tepat dan cepat terhadap situasi yang dihadapi untuk mencapai prestasi dalam kehidupannya. Kebiasaan belajar adalah aktivitas belajar sehari-hari yang dilakukan secara teratur dengan waktu yang relatif lama baik itu di rumah maupun di sekolah sehingga akan menjadi sebuah kebiasaan belajar. Tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah adalah seberapa besar tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah yang dapat membantu proses belajar siswa. Kondisi sosial ekonomi orang tua adalah suatu keadaan orang tua siswa yang dilihat dari tingkat pendidikan pekerjaan dan pendapatan orang tua. Dengan adanya tingkat intelegensi kebiasan belajar tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan kondisi sosial ekonomi orang tua maka akan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh antara tingkat intelegensi dengan hasil belajar siswa (2) pengaruh antara kebiasan belajar dengan hasil belajar siswa (3) pengaruh antara tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar siswa (4) pengaruh antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang dilakukan pada 93 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat intelegensi dengan hasil belajar (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasan belajar dengan hasil belajar. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar. (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi dengan hasil belajar. (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat intelegensi kebiasaan belajar tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan kondisi sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar. Dan sebesar 70 7% hasil belajar dipengaruhi oleh variabel tingkat intelegensi kebiasan belajar tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan kondisi sosialekonomi orang tua sedangkan sisanya sebesar 29 3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah (1)Bagi siswa diharapkan untuk lebih meningkatkan intelegensi meningkatkan kebiasaan belajar yang baik meningkatkan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah serta lebih meningkatkan motivasi diri dengan memanfaatkan kondisi sosial ekonomi orang tua yang ada. (2) Bagi guru diharapkan selalu memberikan motivasi kepada siswa agar lebih meningkatkan daya berfikirnya memberikan cara belajar yang baik mengarahkan siswa untuk memanfaatkan fasilitas belajar yang ada di sekolah dan memberikan perhatian dan bantuan bagi siswa yang mempunyai masalah/kurang mampu dalam biaya. (3) Bagi SMA Negeri 1 diharapkan mengadakan tes IQ setiap tahunnya untuk mengetahui perkembangan IQ siswa mengadakan seminar motivasi ketika siswa akan menghadapi ujian melengkapi fasilitas belajar yang ada di sekolah dan memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi dan kurang mampu. (4)Bagi orang tua diharapkan untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi anak mengawasi kedisiplinan belajar anak agar giat belajar serta menyediakan kebutuhan/ fasilitas belajar anak sesuai dengan kemampuannya. (5) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperluas variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini karena masih banyak faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38917

Actions (login required)

View Item View Item