Layla, Tissa Nikmatul (2011) Penerapan perpaduan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dan example non example untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-9 SMAN 5 Malang / Tissa Nikmatul Layla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci model pembelajaran Numbered Heads Together model pembelajaran Example Non Example kemampuan berpikir kritis hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X-9 SMA Negeri 5 Malang dalam proses belajar mengajar masih rendah. Guru selalu berusaha menerapkan model-model pembelajaran ceramah dan diskusi mengabaikan metode yang inovatif seperti Jigsaw STAD. Saat guru melakukan metode ceramah tanpa variasi siswa terkadang kurang memahami materi kurang melaksanakan proses tanya jawab dan pengerjaan tugas yang dilaksanakan dirasa kurang maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan proses pembelajaran sehingga kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa meningkat. Berkaitan dengan itu maka peneliti memutuskan menerapkan adalah perpaduan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Example Non Example. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimanakah penerapan perpaduan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model Example Non Example pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang (2) Apakah penerapan perpaduan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model Example Non Example dapat meningkatkan Kememapuan berpikir kritis ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang (3) Apakah penerapan perpaduan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang (4) Bagaimana respon siswa kelas X-9 SMA Negeri 5 Malang Malang terhadap penerapan perpaduan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Example Non Example Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-9 SMA Negeri 5 Malang yang terdiri dari 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara tes angket dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil observasi Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus juga telah memperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perpaduan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Example Non Example dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 24 30 % dilihat dari 4 aspek yang diteliti dan hasil belajar siswa tampak dari adanya jumlah siswa yang tuntas belajar dari siklus 1 ke siklus 2 dengan keterangan sebagai berikut (a) Peningkatan hasil belajar dilihat dari aspek kognitif siswa yang tuntas siklus 1 ke siklus 2 yaitu 8 26% dari siklus sebelumnya yaitu dari 83 34% menjadi 91 60%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh empat simpulan hasil penelitian tersebut yaitu (1)Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran tersebut pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-9 SMA Negeri 5 Malang berjalan baik (2)Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran tersebut dapat Meningkatkan kemampuan berpikir kritis (3)Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran tersebut dapat Meningkatkan Hasil Belajar dan (4)Respon siswa kelas X-9 SMA Negeri 5 Malang terhadap penerapan perpaduan model pembelajaran tersebut adalah positif. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Bagi sekolah dapat sebagai bahan referensi sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 5 Malang (2) Bagi guru-guru hendaknya mulai mencoba menerapkan perpaduan model pembelajaran yang baru dan inovatif sesuai dengan keadaan siswa (3) Bagi siswa hendaknya siswa lebih termotivasi dan aktif saat mendengarkan pelajaran ekonomi (4) Bagi peneliti hendaknya lebih tanggap dengan permasalahan dalam pendidikan khususnya dalam pelajaran ekonomi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |