Sugiarto, Nugroho (2011) Pengaruh kelompok acuan dan melek ekonomi (economic literacy) terhadap pola konsumsi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Malang / Nugroho Sugiarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kelompok acuan melek ekonomi (economic literacy) dan pola konsumsi Pemikiran konsumen membeli suatu produk saat ini tidak hanya di dasari pertimbangan manfaat dari suatu produk itu sendiri melainkan kepuasan lain yang diterima oleh konsumen sebagai sebuah kompensasi setelah membeli suatu produk. Khususnya pada siswa SMAN 1 Malang yang cenderung konsumtif selain itu remaja pada umumnya membeli sesuatu tidak berdasarkan kebutuhan dan kemampuan yang dimilikinya. Sejauh ini kecenderungan pola konsumsi siswa SMA lebih besar dipengaruhi oleh perilaku konsumtif dari teman sepergaulan dan juga masih minimnya tingkat pemahaman dasar ekonomi siswa sehingga siswa itu menjadi lebih konsumtif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kelompok acuan terhadap pola konsumsi siswa (2) pengaruh economic literacy terhadap pola konsumsi siswa (3) pengaruh kelompok acuan dan economic literacy terhadap pola konsumsi siswa SMAN 1 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama bahwa ada pengaruh secara signifikan dari variabel kelompok acuan terhadap pola konsumsi siswa. Hal ini menunjukkan semakin rendah kelompok acuan maka semakin rasional dalam berkonsumsi sebaliknya semakin tinggi kelompok acuan maka semakin tidak rasional dalam berkonsumsi. Kedua bahwa ada pengaruh secara signifikan dari varibel economic literacy terhadap pola konsumsi siswa. Hal ini menunjukkan semakin tinggi economic literacy maka semakin rasional dalam berkonsumsi. Ketiga bahwa ada pengaruh secara signifikan dari varibel kelompok acuan dan economic literacy terhadap pola konsumsi siswa. Dari hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah (1) Bagi sekolah diharapkan kualitas kegiatan belajar mengajar di sekolah lebih ditingkatkan untuk mendidik siswa lebih rasional pola konsumsinya. (2) Bagi guru diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dasar ekonomi serta aplikasinya sehingga siswa dapat membentuk pribadi yang baik dalam pertimbangan melakukan tindakan ekonomi. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengkaji serta meneliti variabel lain selain yang ada dalam penelitian ini sehingga dapat diketahui apa saja yang mempengaruhi pola konsumsi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38915 |
Actions (login required)
View Item |