Pratiwi, Ana (2011) Efektivitas strategi pembelajaran reciprocal teaching dalam model two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi pada siswa kelas X SMAN 1 Gondang Tulungagung) / Ana Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Strategi Reciprocal Teaching Two Stay Two Stray Hasil Belajar. Perubahan paradigma pembelajaran dari kurikulum 2004 menjadi KTSP adalah orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru (teacher centered) beralih berpusat pada murid (student centered). Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif adalah pembelajaran yang bersifat konstruktivis. Pada kenyataannya dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional. Strategi pembelajaran konvensional lebih menekankan pada siswa untuk mengingat atau menghafal sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang berorientasi pada pandangan kontruktivis adalah strategi reciprocal teaching. Strategi reciprocal teaching merupakan prosedur pembelajaran yang dirancang melalui berbagai prinsip kegiatan yaitu mengklarifikasi memprediksi mengajukan pertanyaan serta merangkum. Dewasa ini terdapat berbagai model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan dalam strategi reciprocal teaching untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menarik menyenangkan dan dapat meningkatkan keaktifan siswa yaitu model two stay two stray. Penggunaan strategi pembelajaran reciprocal teaching dalam model two stay two stray mampu mengaktifkan siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Kuasi Eksperimen). Populasinya adalah siswa kelas X SMAN 1 Gondang yang terdiri dari sembilan kelas dalam penelitian ini diambil sampel dua kelas yaitu kelas X5 dan X6 teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan soal tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 82 375 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 76 125. Strategi pembelajaran reciprocal teaching dalam model two stay two stray ini efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung. Hal ini dapat dilihat nilai signifikansi uji hipotesis gain score 0 000 ttabel 2 022. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi reciprocal teaching dalam model two stay two stray dengan kelas yang menggunakan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa strategi reciprocal teaching dalam model two stay two stray efektif dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1) Sekolah disarankan lebih meningkatkan mutu pendidikan melalui pemberian standarisasi RPP dengan model pembelajaran yang bervariasi. (2) Guru disarankan untuk menggunakan strategi pembelajaran reciprocal teaching dan model two stay two stray sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran di kelas dan disesuaikan dengan materi karena hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa strategi pembelajaran reciprocal teaching dan model two stay two stray efektif serta dapat meningkatkan hasil belajar. (3) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam model pembelajaran yang lain pada mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran yang berbeda di tempat yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam model two stay two stray dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |