Hubungan antara disiplin belajar dan fasilitas belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kraksan) / Novy Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara disiplin belajar dan fasilitas belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kraksan) / Novy Kurniawati

Kurniawati, Novy (2011) Hubungan antara disiplin belajar dan fasilitas belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kraksan) / Novy Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci disiplin belajar di sekolah fasilitas belajar di sekolah prestasi belajar siswa SMAN 1 Kraksaan telah membuat disiplin belajar di sekolah berupa tata tertib beserta sanksinya yang tegas dengan tujuan untuk menanamkan sikap disiplin dalam diri siswa sehingga siswa diharapkan dapat lebih siap dalam menerima pelajaran. Dan fasilitas belajar yang dimiliki oleh SMAN 1 Kraksaan tergolong sudah lengkap seperti adanya gedung sekolah yang nyaman perpustakaan laboratorium dan fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran lainnya. Akan tetapi ditemukan bahwa masih banyak siswa yang melanggar disiplin belajar yang telah ditetapkan oleh sekolah khususnya pelanggaran yang banyak dilakukan oleh siwa kelas XI IPS selain itu juga diketahui bahwa siswa disana masih belum sepenuhnya memanfaatkan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah untuk membantu mereka dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada saat pelajaran ekonomi. Jadi dengan adanya permasalahan tersebut maka peneliti ingin mengetahui sejauh mana hubungan dari adanya disiplin belajar dan fasilitas belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan hubungan antara disiplin belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa (2) untuk menjelaskan hubungan antara fasilitas belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa dan (3) untuk menjelaskan secara bersama-sama bagaimana hubungan antara disiplin belajar dan fasilitas belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan angket observasi wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data manusia dan data non manusia. Data yang bersumber dari manusia berupa ucapan dan tindakan yang diperoleh melalui wawancara observasi dan angket. Sedangkan untuk data non manusia adalah dokumen-dokumen yang relevan dengan fokus penelitian yaitu nilai UTS (Ulangan Tengah Semester) pada semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama dapat diketahui bahwa tingkat prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kraksaan pada mata pelajaran konomi semester gasal tahun ajaran 2010/2011 yang diambil dari nilai UTS (Ulangan Tengah Semester) meliputi 14 siswa (20 9%) memiliki prestasi belajar yang baik. 41 siswa (61 19%) memiliki prestasi belajar yang cukup baik dan 12 siswa (17 91%) memilki prestasi belajar yang kurang. Sedangkan untuk tingkat disiplin belajarnya meliputi 62 siswa (92 54%) memiliki tingkat disiplin belajar yang tinggi dan 5 siswa (7 46%) memiliki tingkat disiplin belajar yang rendah. Dan untuk fasilitas belajar di sekolah meliputi 65 siswa (97 02%) yang berpendapat bahwa ketersediaan fasilitas belajar di sekolah baik dan 2 siswa (2 98%) berpendapat bahwa ketersediaan fasilitas belajar di sekolah dalam katagori kurang. Kedua dapat diketahui bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS semester gasal tahun ajaran 2010/2011 di SMAN 1 Kraksaan hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis korelasi antara disiplin belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa sebesar 0 603 yang signifikan pada tingkat kepercayaan sebesar 0 05. Ketiga dapat diketahui bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara Fasilitas belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS semester gasal tahun ajaran 2010/2011 di SMAN 1 Kraksaan hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis korelasi antara fasilitas belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa sebesar 0 514 yang signifikan pada tingkat kepercayaan sebesar 0 05. Keempat dapat diketahui bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan fasilitas belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS semester gasal tahun ajaran 2010/2011 di SMAN 1 Kraksaan hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis korelasi antara disiplin belajar dan fasilitas belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa sebesar 0 652 yang signifikan pada tingkat kepercayaan sebesar 0 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38913

Actions (login required)

View Item View Item