Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kediri (tahun ajaran 2010/2011) / Anggun Dyah Palupi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kediri (tahun ajaran 2010/2011) / Anggun Dyah Palupi

Palupi, Anggun Dyah (2011) Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kediri (tahun ajaran 2010/2011) / Anggun Dyah Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Motivasi Belajar Siswa Prestasi Belajar Siswa. Peserta didik dituntut aktif dan mampu menangkap dan memahami suatu pelajaran dengan cara yang paling efektif agar prestasi belajar yang diperoleh memuaskan. Berkaitan dengan hal tersebut ada banyak hal hal yang mempengaruhi prestasi belajar jika dilihat dari faktor-faktornya yaitu eksternal dan internal dimana kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar merupakan beberapa bagian yang termasuk didalamnya. Dan untuk mencapai prestasi yang memuaskan maka dibutuhkan keterkaitan antara faktor-faktor tesebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kondisi sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kediri pada bulan Maret sampai dengan April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS sejumlah 165 siswa yang kemudian diambil sampel sejumlah 62 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan inferensial. Hasil analisis kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kediri tahun pelajaran 2010/2011 memiliki tingkat pendidikan orang tua yang cukup baik pekerjaan orang tua tergolong cukup baik pendapatan orang tua yang cukup baik dan jumlah (anak) yang menjadi tanggungan orang tua tergolong cukup. Artinya siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kediri tahun ajaran 2010/2011 memiliki kombinasi dari keempat subvariabel kondisi sosial ekonomi orang tua yang tergolong cukup baik. Sedangkan motivasi belajar siswa secara intrinsik tergolong sedang dan motivasi belajar siswa secara ekstrinsik tergolong sedang juga. Artinya siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kediri tahun ajaran 2010/2011 memiliki kombinasi dari kedua subvariabel motivasi belajar siswa yang tergolong sedang. Hasil analisis kondisi sosial ekonomi orang tua siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar (7 47%). Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t sebesar 2 278 dengan signifikansi 0 026. Sedangkan motivasi belajar siswa juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar (19 12%). Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t sebesar 3.805 dengan signifikansi 0 000. Selain itu diketahui secara simultan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0 266 (26 6%). Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai F sebesar 10 697 dengan signifikansi 0 000. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kediri. Saran yang diajukan dari hasil penelitian adalah (1) SMA Negeri 4 Kediri yaitu sekolah hendaknya memberikan dorongan dan motivasi kepada siswanya untuk dapat berprestasi dengan lebih optimal. (2) Bagi Guru hendaknya tidak membeda-bedakan antara siswa yang kondisi sosial ekonomi orangtuanya baik dengan yang kurang baik agar siswa tidak merasa di bedakan atau minder sehingga siswa bisa lebih optimal dalam meraih prestasi. Disamping itu dalam proses pembelajaran guru harus memperhatikan cara mengajar yang lebih efektif dan kreatif dan siswa tidak bosan dalam mengikuti pelajaran sehingga siswapun lebih termotivasi untuk meraih prestasi. (3) Bagi Siswa hendaknya bisa memotivasi dirinya untuk lebih berprestasi dengan tidak bergantung pada situasi atau keadaan yang ada. Agar siswa bisa lebih kreatif dan mandiri untuk mencapai cita-cita yang lebih baik. (4) Bagi Peneliti Selanjutnya yaitu apabila melakukan penelitian serupa hendaknya menggunakan variabel independen selain kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar yaitu variabel fasilitas belajar gaya belajar siswa minat belajar serta perhatian orang tua. Karena masih ada faktor lain yang lebih mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38911

Actions (login required)

View Item View Item