Pengaruh kualitas layanan koperasi terhadap partisipasi anggota KPRI "MES" Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Rara Ajeng D.M.Y.

Ajeng D.M.Y., Rara (2011) Pengaruh kualitas layanan koperasi terhadap partisipasi anggota KPRI "MES" Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Rara Ajeng D.M.Y. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Partisipasi Anggota Koperasi sebagai suatu gerakan ekonomi rakyat mempunyai peranan yang besar bagi bangsa Indonesia dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, terutama bagi masyarakat yang menjadi anggota koperasi yang secara otomatis memiliki kepentingan untuk memanfaatkan koperasi. Keikutsertaan anggota dalam memanfaatkan koperasi sangat dibutuhkan oleh koperasi, karena partisipasi anggota mempunyai peran yang cukup besar terhadap pengembangan dan pertumbuhan koperasi.Pelayanan yang baik diharapkan akan dapat meningkatkan partisipasi anggota yang berperan sebagai pemilik dan sebagai pelanggan koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap partsipasi anggota KPRI MES Kecamatan Bantur Kabupaten Malang, Untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan kredit pada unit usaha simpan pinjam KPRI MES Kecamatan Bantur Kabupaten Malang, dan untuk mengetahui tingkat partisipasi anggota koperasi dalam bertransaksi pada unit usaha simpan pinjam KPRI MES Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan di KPRI MES Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Populasi dalam penelitian ini sebesar 355 anggota dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dan diambil sampel 20% sehingga didapat 71 responden. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas layanan (X), sedangkan variabel terikatnya adalah partisipasi anggota (Y). Untuk mengetahui besarnya kualitas layanan dan besarnya partisipasi anggota maka digunakan analisis deskriptif dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kualitas layanan dengan partisipasi anggota maka digunakan analisis regresi sederhana. Hasil diperoleh dari analisis dengan bantuan SPSS 16.00 for windows.Dari analisis deskriptif diketahui bahwa 54 responden (76%) menyatakan bahwa tingkat kualitas layanan koperasi adalah baik. Sedangkan partisipasi anggota adalah tinggi yang ditunjukkan oleh 35 responden (49%) menjawab partisipasi anggota adalah tinggi.Untuk pengaruh antara kualitas layanan terhadap partisipasi anggota diperoleh besarnya nilai t = 2.708 dengan taraf kepercayaan 5% dan nilai signifikansi t= 0.009.Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadap partisipasi anggota. 1. Dari hasil penelitian maka disarankan: (1) Mengatur kembali sistem pengawasan terhadap pemberian pinjaman pada anggota dengan benar- benar memperhatikan kondisi ekonomi anggota. (2) Meningkatkan kinerja pengurus dalam mengelola bidang usaha simpan pinjam KPRI. (3) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas karyawan. (4) Partisipasi anggota yang relatif sudah baik hendaknya harus lebih ditingkatkan kembali.(5) Bagi peneliti lanjutan , penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian selanjutnya dengan Variabel dan subyek yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38908

Actions (login required)

View Item View Item