Hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar di asrama terhadap hasil belajar siswa Ma'had al Qalam Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Irma Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar di asrama terhadap hasil belajar siswa Ma'had al Qalam Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Irma Yunita

Yunita, Irma (2011) Hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar di asrama terhadap hasil belajar siswa Ma'had al Qalam Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Irma Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci fasilitas belajar asrama dan belajar Lingkungan tempat tinggal merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi belajar siswa salah satu tempat tinggal bagi siswa adalah asrama. Didirikannya sebuah asrama di sekolah memiliki tujuan tertentu yaitu untuk meningkatkan kualitas pembinaan secara utuh dan komprehensif sehingga sekolah melengkapi asrama dengan fasilitas belajar yang memadai. Adanya fasilitas belajar di asrama diharapakan dapat menunjang proses/kegiatan belajar siswa di asrama. Dalam proses pembelajaran pencapaian tingkat keberhasilan dari dapat dilihat melalui hasil belajar yang diperoleh siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan fasilitas belajar di asrama kegiatan belajar siswa di asrama hasil belajar siswa dan hubungan antara pemanfaatan fasilitas dan hasil belajar siswa yang bertempat tinggal di Ma had Al Qalam MAN 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan April-Juli 2010. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang yang bertempat tinggal di Ma had Al Qalam MAN 3 Malang khususnya pada siswa kelas XI dan XII tahun ajaran 2010/2011. Analisis data secara deskriptif digambarkan dengan bantuan program Microsoft Excel 2007 dengan teknik diagram lingkaran (pie) sehingga memudahkan mengetahui persentase dari hasil jawaban responden. Sedangkan analisis data tentang ada tidaknya hubungan pemanfaatan fasilitas belajar yang berkategori baik cukup baik ataupun kurang baik dengan hasil belajar yang didapatkan dengan menggunakan bantuan program SPSS for Windows 16.00 dengan teknik analisis Crosstabs dan Chi Square Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan fasilitas belajar di asrama antarsiswa memiliki kategori yang berbeda-beda. Sebagian besar siswa mampu memanfaatkan fasilitas belajar dengan cukup baik yaitu sebesar 121 siswa (92%). Kegiatan belajar siswa di asrama sangat beragam seperti halnya kebiasaan siswa dalam membaca materi mengulang materi dan kebiasaan lain yang dilakukan dalam mengisi waktu luang. Hasil belajar yang didapatkan siswa sebagian besar berada pada tingkat ketuntasan belajar yang memuaskan (kategori sedang) antara nilai 79 6 84 1. Dari hasil uji Chi Square diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang memanfaatkan fasilitas belajar dengan kategori baik cukup baik ataupun kurang baik terhadap hasil belajar yang didapatkan. Hal ini dapat terjadi karena kemungkinan terdapat faktor lain yang berpengaruh terhadap proses belajar siswa. Saran dari penelitian ini (1) Bagi madrasah diharapkan dapat terus-menerus meningkatkan fasilitas belajar di asrama dan guru mata pelajaran hendaknya mampu menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan motivasi siswa (2) Bagi pembina dan pengurus asrama (Ma had Al Qalam) mampu menciptakan iklim yang kondusif bagi santri baik dalam hal pembelajaran maupun dalam segala aspek yang tercipta di asrama sehingga santri merasa nyaman dan senang tinggal di asrama (3) Bagi orang tua/wali diharapkan tetap memperhatikan putra-putrinya dengan menjaga komunikasi dan melakukan pengawasan (4) Bagi siswa diharapkan dapat menjalankan semua kewajibannya sebagai santri di asrama dan sebagai siswa di madrasah dan selalu berkonsultasi jika menemukan sebuah permaslahan (5) Bagi mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini pada bidang studi tertentu untuk mendapatkan hasil yang lebih nyata tentang keadaan siswa di asrama Ma had Al Qalam MAN 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38907

Actions (login required)

View Item View Item