Pengaruh pembelajaran ekonomi dengan metode silih tanya berbasis reflektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Ajeng Chriestanti Widhowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran ekonomi dengan metode silih tanya berbasis reflektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Ajeng Chriestanti Widhowati

Widhowati, Ajeng Chriestanti (2011) Pengaruh pembelajaran ekonomi dengan metode silih tanya berbasis reflektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Ajeng Chriestanti Widhowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Model Silih Tanya Berbasis Reflektif Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi awal dan pada waktu mengikuti PPL tahun 2009 ditemukan bahwa metode yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran adalah ceramah dan diskusi karena melihat kondisi siswa dan keterbatasan waktu untuk menuntaskan materi sehingga diskusi yang bervariasi seperti model silih tanya jarang digunakan dalam pembelajaran. Sehingga siswa cenderung malas berpikir secara mandiri keterampilan berpikir siswa yang kurang terasah enyebabkan siswa cenderung pasif kurang memahami konsep dan kurang kritis dalam menanggapi masalah juga kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan atau mengemukakan gagasannya. Selain itu tidak semua siswa mempunyai buku referensi sendiri sebagai penunjang aktifitas belajar sehingga kebanyakan informasi dan materi didapatkan dari guru. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa yang rendah. Dalam rangka memberikan variasi pembelajaran dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa maka dalam penelitian ini diterapkan metode pembelajaran silih tanya berbasis reflektif. Dengan tujuan (1) mengetahui bagaimana penerapan mata pelajaran ekonomi dengan pembelajaran model silih tanya (2) mengetahui hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan pembelajaran model silih tanya (3) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan pembelajaran model silih tanya (4) mengetahui respon siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan pembelajaran model silih tanya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 12 sampai 20 November 2010. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 3 semester gasal tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP wawancara lembar observasi kemampuan berpikir kritis lembar observasi guru lembar observasi sikap afektif siswa soal pre tes soal tes angket respons siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dan catatan lapangan. Kemampuan berpikir kritis siswa di ukur dengan lembar observasi kemampuan berpikir kritis sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan hasil tes setiap akhir siklus serta ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus. Teknik pengumpulan data untuk hasil tes menggunakan post tes yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan angket yang diberikan pada akhir pembelajaran siklus II dan dokumentasi selama proses belajar di kelas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang menghitung persentase keberhasilan tindakan. Analisis data dilakukan dengan membandingkan data pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ekonomi dengan model silih tanya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Malang. Dari paparan data dan temuan penelitian diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19 8% dari 48 2% pada siklus I dan naik menjadi 68% pada siklus II. Hasil belajar siswa dapat diketahui dari tes yang diadakan setiap siklus. Ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 11 7 % dari 73 5% dan naik menjadi 85 2% pada siklus II. Dan dari segi afektif terlihat keaktifan siswa meningkat sebesar 9% dari 77% pada siklus I menjadi 85 8% pada siklus II. Respon siswa secara keseluruhan terhadap penerapan model silih tanya juga sangat positif terlihat dari siswa yang sangat setuju sebanyak 34 6% dan yang setuju sebanyak 59 7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran ekonomi dengan model silih tanya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Dan pembelajaran ini dapat diterima oleh siswa dengan baik terbukti rata-rata respon siswa yang sangat setuju terhadap pembelajaran ini sebesar 59 7%. Saran dari peneliti adalah penggunaan model pembelajaran bagi siswa yang bervariasi sangat ditekankan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa guru mata pelajaran IPS dapat menerapkan pembelajaran model silih tanya yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa guru hendaknya juga mengalokasikan waktu terlebih dahulu untuk menjalankan kegiatan silih Tanya agar dapat berjalan efektif bagi peneliti jika ingin menggunakan pembelajaran ekonomi dengan metode silih tanya hendaknya dilakukan pada pokok bahasan yang berbeda agar dapat mendapatkan data yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38905

Actions (login required)

View Item View Item