Peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII H pada pelajaran ekonomi melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di SMP Negeri 13 Malang / Meta Rakhmariska - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII H pada pelajaran ekonomi melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di SMP Negeri 13 Malang / Meta Rakhmariska

Rakhmariska, Meta (2011) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII H pada pelajaran ekonomi melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di SMP Negeri 13 Malang / Meta Rakhmariska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi Belajar Pembelajaran Kooperatif STAD. Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui model implementasi metode STAD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas VII H SMP Negeri 13 Malang. (2) Mengetahui dampak implementasi metode STAD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas VII H SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dan satu pertemuan selama dua jam pelajaran. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas VII H semester genap tahun ajaran 2008 2009 SMP Negeri 13 Malang yang berjumlah 38 siswa terdiri 21 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru dan catatan lapangan. Aktivitas belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih skor antara pre-test dan post test serta ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes lembar observasi aktivitas siswa dan guru dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus dapat di ambil kesimpulan bahwa (1) Model implementasi metode STAD telah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas VII H SMP Negeri 13 Malang karena hasil lembar observasi siswa pada siklus II diperoleh persentase sebesar 82 89%. (2) Dampak implementasi metode STAD telah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas VII H SMP Negeri 13 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38902

Actions (login required)

View Item View Item