Pengaruh prestasi belajar ekonomi terhadap partisipasi siswa di koperasi sekolah (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang) / Arif Abdi Siswanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh prestasi belajar ekonomi terhadap partisipasi siswa di koperasi sekolah (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang) / Arif Abdi Siswanto

Siswanto, Arif Abdi (2011) Pengaruh prestasi belajar ekonomi terhadap partisipasi siswa di koperasi sekolah (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang) / Arif Abdi Siswanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Prestasi Belajar Ekonomi Partisipasi Siswa di Koperasi Sekolah Eksistensi koperasi sekolah adalah sebagai wujud dari upaya untuk menanamkan jiwa dan semangat koperasi. Koperasi sekolah dapat dijadikan sebagai wadah untuk melengkapi proses belajar mengajar. Dengan berbekal pengetahuan dan prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi serta keberadaan koperasi sekolah yang menjadi daya tarik siswa akhirnya dapat mendorong siswa untuk memanfaatkan sebagai sarana memperoleh pengetahuan berupa koperasi dan lebih memantapkan teori tentang koperasi. Dengan demikian koperasi sekolah benar-benar dimanfaatkan oleh siswa sebagai wadah yang dapat mengembangkan diri mereka dalam menghadapi hari esok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis (1) tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (2) tingkat partisipasi siswa di koperasi sekolah dan (3) pengaruh antara prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap partisipasi siswa di koperasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pengukuran dan analisis yang dikuantitatifkan. Variabel penelitian antara lain Prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi (X) dan Partisipasi siswa di koperasi sekolah (Y). Populasi yang dipilih adalah adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang berjumlah 277 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan propotionale stratified random sampling sebanyak 79 responden dan metode analisis adalah analisis Regresi Sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Tingkat prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi tergolong cukup baik sebesar 52 % atau 42 siswa dan tuntas sebesar 89% atau 70 siswa (2) Tingkat partisipasi siswa di koperasi sekolah tergolong aktif terutama paling tinggi di bidang modal sebesar 61% atau 48 siswa (3) Terdapat pengaruh signifikan antara prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi terhadap partisipasi siswa di koperasi sekolah dengan nilai beta terstandarisasi sebesar 0 626 yang menunjukkan pengaruh yang signifikan dan ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar 0 00 0 05. Disarankan agar (1) Kepala Sekolah senantiasa memantau atau mengevaluasi para guru agar meningkatkan kemampuan mengajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa serta senantiasa memberikan perhatian pada koperasi sekolah agar semakin maju (2) Para guru ikut serta dalam partisipasi di segala bidang dan proses kemajuan koperasi sekolah (3) Siswa meningkatkan pengetahuan dan prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi sehingga meningkatkan keaktifan dalam berpartisipasi di segala bidang koperasi sekolah (4) Peneliti selanjutnya agar objek yang diteliti lebih luas. sehingga hasil penelitian lebih representatif dan valid (5) Para pengurus dan seluruh anggota senantiasa semakin aktif dalam kemajuan koperasi sekolah dan rutin dalam membayar simpanan-simpanan yang ada yaitu simpanan pokok simpanan wajib dan simpanan sukarela.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38900

Actions (login required)

View Item View Item