Rahayu, Novita (2018) Analisis pengaruh service quality akademik terhadap tingkat kepuasan dan prestasi peserta didik pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) se-kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Novita Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Rahayu Novita. 2018. Analisis Pengaruh Service Quality Akademik terhadap Tingkat Kepuasan dan Prestasi Peserta Didik pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Se-Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd. (II) Dr. Raden Bambang Sumarsono M.Pd. Kata kunci kualitas layanan akademik kepuasan peserta didik prestasi peserta didik Produktivitas dalam dunia pendidikan berkaitan dengan keseluruhan proses dan penggunaan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan pendidikan. Produktivitas sekolah merupakan perbandingan antara input dengn output lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan yang dimiliki oleh pengguna jasa pendidikan hal tersebut dapat diterapkan melalui upaya memberikan layanan secara maksimal kepada peserta didik. Layanan yang bermutu dan berkualitas pada lembaga pendidikan memiliki implikasi terhadap rasa kepuasan peserta didik serta berpengaruh terhadap prestasi peserta didik. Kepuasan peserta didik atas layanan akademik dapat menciptakan sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai tugasnya sebagai pengguna jasa pendidikan. Sikap emosional dapat dicerminkan melalui meningkatnya motivasi untuk berprestasi sehingga berimplikasi terhadap prestasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan tingkat kualitas layanan akademik (2) mendiskripsikan tingkat kepuasan peserta didik (3) mendiskripsikan prestasi peserta didik (4) mendiskripsikan pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan peserta didik (5) mendiskripsikan pengaruh kualitas layanan akademik terhadap prestasi peserta didik (6) mendiskripsikan pengaruh kepuasan terhadap prestasi peserta didik dan (7) mendiskripsikan pengaruh kualitas layanan akademik terhadap prestasi peserta didik yang dimediasi oleh kepuasan peserta didik pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-korelasional. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian berdasarkan tujuan tertentu dan teknik stratified random sampling untuk menentukan jumlah sampel secara acak dan berlapis. Jumlah populasi dalam penelitian sebesar 1582 orang dan sampel penelitian sebesar 323 orang. Data penelitian berupa angka yang mewakili respon dari responden data ini nantinya digunakan untuk uji hipotesis. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendiskripsikan masing-masing data variabel penelitian. Sedangkan untuk menggambarkan besarnya pengaruh antar variabel menggunakan teknik path analysis. vi Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini diperoleh 7 simpulan hasil penelitian. Pertama tingkat kualitas layanan akademik di SMPN se Kecamatan Ponggok berada pada kategori tinggi. Sedangkan jika ditinjau dari masing-masing sub variabel adalah sebagai beriku (1) dimensi reliability dalam kategori sedang (2) dimensi responsiveness dalam kategori tinggi (3) dimensi assurances dalam kategori tinggi (4) dimensi empathy dalam kategori sedang dan (5) dimensi tangible dalam kategori sedang. Kedua tingkat kepuasan peserta didik di SMPN se Kecamatan Ponggok berada pada kategori tinggi. Ketiga tingkat prestasi peserta didik di SMPN se Kecamatan Ponggok berada pada kategori sedang. Keempat terdapat pengaruh yang signifikan kualitas layanan (service quality) akademik terhadap kepuasan peserta didik pada SMPN se-Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Kelima terdapat pengaruh yang signifikan kualitas layanan (service quality) akademik terhadap prestasi peserta didik pada SMPN se-Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Keenam terdapat pengaruh yang signifikan kepuasan peserta didik terhadap prestasi peserta didik pada SMPN se-Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Ketujuh ada pengaruh yang signifikan kualitas layanan(service quality) akademik terhadap prestasi peserta didik yang dimediasi oleh kepuasan peserta didik pada SMPN se-Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Saran-saran yang dapat dikemukakan berhubungan dengan hasil penelitian ini adalah kepada (1) kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar dapat menggunakan sebagai acuan untuk lebih spesifik dalam melakukan monitoring maupun evaluasi terhadap pelaksanaan operasional sekolah terutama dalam hal yang paling penting yaitu layanan akademik. Hal tersebut banyak berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan peserta didik (kepuasan) dan prestasi peserta didik. (2) kepala sekolah sebaiknya melakukan pemecahan masalah yang berkaitan dengan kualitas layanan akademik dan kepuasan peserta didik serta penelitian ini dijadikan bahan acuan dalam meningkatkan kualitas pelayanan. (3)tenaga pendidik sebaiknya tidak hanya mampu dalam kegiatan pembelajaran di kelas dalam hal penyampaian materi namun juga harus memahami kebutuhan peserta didik yang menunjang pengembangan kompetensinya. Tenaga kependidikan sebaiknya tanggap memenuhi kebutuhan peserta didik terkait dengan administratif di sekolah yang menunjang kegiatan peserta didik di sekolah. (4) mahasiswa administrasi pendidikan sebaiknya digunakan sebagai sumbangan pemikiran atau referensi apabila menjadi tenaga bagian layanan akademik pada instansi pendidikan agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pengguna jasa pendidikan selain itu juga sebagai bahan rujukan untuk pembuatan karya ilmiah khususnya dalam bidang kualitas pelayanan akademik kepuasan dan prestasi peserta didik (5) peneliti lain penelitian ini sebaiknya dapat lebih digunakan dan dikembangkan pada tahun berikutnya dan digunakan sebagai acuan referensi untuk penelitian selanjutnya. (6) peserta didik sebaiknya penelitian ini dijadikan acuan peserta didik untuk meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik dikarenakan prestasi peserta didik masih dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3890 |
Actions (login required)
View Item |