Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan penggolongan hewan kelas IV SDN Karangbesuki 1 Sukun Malang / Aryati Rachmadyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan penggolongan hewan kelas IV SDN Karangbesuki 1 Sukun Malang / Aryati Rachmadyanti

Rachmadyanti, Aryati (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan penggolongan hewan kelas IV SDN Karangbesuki 1 Sukun Malang / Aryati Rachmadyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Multimedia itu sendiri adalah suatu media atau aplikasi yang penggunaannya menggunakan bantuan komputer dan menggabungkan beberapa aplikasi yang terdiri dari text audio gambar animasi dan video. Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Multimedia pembelajaran interaktif merupakan suatu media yang dikembangkan untuk membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran ini nantinya akan melibatkan media dan siswa itu sendiri. Hal yang melandasi dari pengembangan media interaktif ini yaitu pembelajaran yang konvensional yang tidak dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pemebelajaran. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran interaktif yang dikemas menarik dalam bentuk CD Interaktif untuk mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Alam SD kelas IV yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran. Sehingga diharapkan dengan adanya produk ini siswa menjadi lebih termotivasi dalam memahami pelajaran dan dapat meningkatkan prestasi belajar. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah siswa SD Negeri Karang Besuki I sukun Malang kelas IV. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh dari validasi ahli media ahli materi dan siswa Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Media ini divalidasikan oleh ahli materi sebanyak 1 orang ahli media sebanyak 2 orang dan audiens sebanyak 20 orang. Setelah dianalisis hasil validasi dari media pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media 86 6% ahli materi 97 5% siswa individual 89 1% siswa kelompok kecil 89 2%. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif ini sangat memberikan efek yang cukup positif dalam peningkatan hasil belajar dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini cukup efektif digunakan siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan hasil penelitian ini disaran agar pihak sekolah lebih meningkatkan pengadaan sarana berupa media pembelajaran interaktif sebagai media utama maupun media tambahan dalam kegiatan pembelajaran karena media pembelajaran interaktif ini sudah terbukti sangat efekti meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item