Hubungan antara pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar ekonomi siswa (Studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMAN 5 Malang) / Dwi Indri Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar ekonomi siswa (Studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMAN 5 Malang) / Dwi Indri Astuti

Astuti, Dwi Indri (2011) Hubungan antara pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar ekonomi siswa (Studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMAN 5 Malang) / Dwi Indri Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pola Asuh Orang tua Status Sosial Ekonomi Orang Tua Hasil Belajar Ekonomi. Pola asuh tua adalah merupakan cara bentuk atau strategi yang digunakan dalam lingkungan keluarga yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya sebagai upaya untuk mendidik anak-anak tersebut. Ekonomi orang tua merupakan penentu perkembangan dan pendidikan anak-anak Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pola asuh orang tua siswa di SMA N 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 (2) Bagaimana status sosial ekonomi siswa SMA N 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 (3) Bagaimana keberhasilan belajar siswa SMA N 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 (4) Apakah terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap keberhasilan belajar siswa di SMA N 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 (5) Apakah terdapat hubungan status sosial ekonomi siswa terhadap keberhasilan belajar siswa di SMA N 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 . Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pola asuh orang tua siswa di SMA N 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 (2) Untuk mengetahui status social ekonomi siswa SMA N 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 (3) Untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa SMA N 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 (4) Untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua terhadap keberhasilan belajar siswa di SMA N 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 (5)Untuk menganalisis hubungan status sosial ekonomi siswa terhadap keberhasilan belajar siswa SMA N 5 Malang tahun ajaran 2010/2011. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 5 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis deskriptif korelasional dengan menggunakan uji Chi Square digunakan menentukan ada tidaknya hubungan antara variabel pola asuh orang tua (X1) dan status sosial ekonomi orang tua (X2) dengan variabel keberhasilan belajar ekonomi siswa (Y). Sedangkan hasil dari uji Chi Square diketahui bahwa ada hubungan antara pola asuh dan status social ekonomi orang tua dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 5 Malang. Dilihat dari nila pearson Chi Square dan Asymp sig dari pengujian hipotesis. Bertitik tolak dari hasil penelitian ini diajukan saran (1) Bagi siswa sebagai motivasi untuk meningkatkan komunikasi yang baik antara siswa dengan orang tua (2) Bagi orang tuadapat mengetahui pentingnya peran orang tua terhadap keberhasilan belajar siswa (3) Bagi sekolah dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam merencanakan program sekolah (4) Bagi peneliti lain dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk menambah pengetahuanan tentang pola asuh orang tua dan status social ekonomi terhadap keberhasilan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38899

Actions (login required)

View Item View Item