Analisis potensi dan prospek pembelajaran IPS terpadu pada kelas VIII dan IX di SMP Terbuka Kota Madiun / Kus Irawan Prabowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis potensi dan prospek pembelajaran IPS terpadu pada kelas VIII dan IX di SMP Terbuka Kota Madiun / Kus Irawan Prabowo

Prabowo, Kus Irawan (2011) Analisis potensi dan prospek pembelajaran IPS terpadu pada kelas VIII dan IX di SMP Terbuka Kota Madiun / Kus Irawan Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Proses belajar mengajar interaksi siswa dan sumber belajar. Kota Madiun mendirikan SMP Terbuka untuk memberikan kesempatan pendidikan kepada masyarakat yang tidak dapat menyekolahkan anaknya dikarenakan faktor ekonomi dan geografis.Fokus penelitian ini adalah proses belajar mengajar interaksi siswa sumber belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Terbuka Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil rekaman wawancara observasi dan dokumen yang diberikan oleh SMP Terbuka Kota Madiun. Teknik analisis dilakukan dengan teknik analisis deduktif induktif. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa dalam proses belajar mengajar pelajaran IPS terpadu di SMP Terbuka Kota Madiun menggunakan metode TGT(Team Game Tournament) karena siswa menjadi lebih berkonsentrasi dan termotivasi media dalam pembelajaran kelas IX menggunakan powerpoint sedangkan kelas VIII masih menggunakan lembar kerja siswa kondisi siswa dalam kelas tergolong baik untuk kelas IX dan kelas VIII peran guru adalah sebagai pemateri pengawas dan pengevaluasi. Interaksi siswa dengan guru sangat baik karena siswa berani bertanya mengenai kesulitannya dalam materi berani menjawab pertanyaan yang diberikan guru dan di luar kelas siswa juga berinteraksi dengan guru. Interaksi siswa dengan siswa tergolong baik karena siswa sering berinteraksi dengan siswa yang lain mengenai materi dalam pembelajaran tetapi siswa hanya memilih jenis kelamin yang sama dalam interaksi di dalam kelas. Dalam pemanfaatan sumber belajar siswa menggunakan sumber belajar yang disediakan oleh SMP induk baik perpustakaan laboratorium buku-buku untuk menulis. Dalam kehidupan sehari-hari siswa sering belajar mengenai ekonomi dari kegiatan yang dilakukannya saat membeli barang diwarung counter dealer dsb. Nilai hasil belajar pada pembelajaran IPS Terpadu sangat bervariasi ada yang tinggi dan rendah untuk memperoleh nilai pelajaran IPS Terpadu tersebut bermacam-macam cara yang dilakukan siswa. Proses belajar mengajarnya interaksi siswa pemanfaatan sumber belajar dan nilai hasil belajar IPS Terpadu pada kelas VIII dan IX di SMP Terbuka Kota Madiun maka pembelajaran IPS Terpadu pada SMP Terbuka Kota Madiun memiliki potensi dan prospek yang sangat besar tinggal melakukan beberapa kegiatan yang ada di modul sehingga harapannya potensi ini akan lebih baik lagi dan memberikan kemajuan pada SMP Terbuka. Saran untuk pengelola SMP Terbuka Kota Madiun melakukan beberapa perbaikan-perbaikan dalam seleksi penerimaan siswa jam tatap muka dan peraturan tatap muka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38894

Actions (login required)

View Item View Item