Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Kepanjen / Risca Irin Setiowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Kepanjen / Risca Irin Setiowati

Setiowati, Risca Irin (2011) Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Kepanjen / Risca Irin Setiowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Tingkat Pendidikan Pelatihan Pengalaman Mengajar Kinerja Guru Guru sebagai tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran dituntut untuk memiliki kinerja yang baik agar peserta didik menjadi SDM yang berkualitas dan dapat bersaing dengan negara lain. Tingkat pendidikan diperlukan untuk meningkatkan kinerjanya selain itu diperlukannya pelatihan dan pengalaman mengajar yang cukup. Tingkat pendidikan pelatihan dan pengalaman mengajar tersebut dapat mempengaruhi kinerja guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh tingkat pendidikan pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kepanjen karena sekolah ini merupakan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) yang menjadikan peserta didik untuk dapat bersaing dengan dunia global sehingga dibutuhkan kinerja guru yang benar-benar berkualitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Jumlah subjek penelitian 52 guru. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa tingkat pendidikan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t (0 004) 945 (0 050) atau nilai thitung (3 004) ttabel (2 01). Pelatihan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t (0 000) 945 (0 050) atau nilai thitung (4 744) ttabel (2 01). Pengalaman mengajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t (0 045) 945 (0 050) atau nilai thitung (2 063) ttabel (2 01). Selain itu diketahui secara simultan bahwa ada pengaruh tingkat pendidikan pelatihan dan pengalaman mengajar guru terhadap kinerja guru terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai F (0 000) 945 (0 050) atau F hitung (14 044) F tabel (2 79). Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh signifikan tingkat pendidikan terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Kepanjen. (2) Ada pengaruh signifikan pelatihan guru dengan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kepanjen. (3) Ada pengaruh signifikan pengalaman mengajar guru dengan kinerja guru PNS di SMA Negeri 1 Kepanjen. (4) Ada pengaruh simultan tingkat pendidikan pelatihan dan pengalaman mengajar guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Kepanjen. Saran yang diajukan adalah (1) Bagi guru untuk mempertahankan dan mengembangkan metode pembelajaran yang telah dilakukan selama ini dengan mengikuti pelatihan guru untuk meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas-tugasnya sesuai dengan lingkup pekerjaannya sehinnga dapat meningkatkan prestasi kerja sesuai dengan ketrampilannya. (2) Bagi Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kepanjen untuk menentukan tugas dan kompetensi yang harus dicapai guru dalam upaya peningkatan kualitas kinerja guru untuk meningkatkan prestasi dan kemampuan siswa. (3)Bagi pimpinan dalam lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang untuk merumuskan kebijakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia khususnya bagi para guru di SMA Negeri 1 Kepanjen. (4)Bagi peneliti lanjut disarankan untuk mengadakan penelitian yang serupa didaerah yang lain untuk lebih mempertegas kebenaran pengaruh tingkat pendidikan pelatihan dan pengalaman mengajar guru terhadap kinerja guru agar penelitian ini dapat digeneralisasikan pada guru-guru lain di sekolah berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38893

Actions (login required)

View Item View Item