Penerapan problem based learning (PBL) dalam pembelajaran pendidikan pancasila di SMA Negeri 4 Malang / Titania Sekar Arum</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning (PBL) dalam pembelajaran pendidikan pancasila di SMA Negeri 4 Malang / Titania Sekar Arum</p>

Arum, Titania Sekar (2024) Penerapan problem based learning (PBL) dalam pembelajaran pendidikan pancasila di SMA Negeri 4 Malang / Titania Sekar Arum</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran pembelajaran penerapan PBL kendala hambatan dan solusi dalam menghadapi hambatan pada penerapan PBL di pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 dan guru Pendidikan Pancasila. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil dari kajian ini menunjukan 1.) Gambaran pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 4 Malang menekankan pada pengembangan pemahaman siswa terkait hal-hal seperti demokrasi pancasila hak dan kewajiban warga negara partisipasi politik serta siswa diajarkan pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi. Guru mempersiapkan siswa menjadi negara yang kritis bertanggung jawab dan sadar akan hak dan kewajibannya dalam masyarakat. guru menggunakan metode ceramah dan PBL pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. 2.) Dalam penerapan PBL memuat langkah-langkah yaitu memberikan orientasi tentang permasalahan kepada siswa mengorganisasikan siswa untuk meneliti membantu investigasi mandiri dan kelompok mempresentasikan karya atau sebuah laporan dan mengevaluasi proses mengatasi permasalahan. 3.) Ditemukanhambatan dalam penerapan PBL dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila yaitu masih ditemui siswa yang pasif dimana siswa tidak berkolaborasi dengan baik dalam kelompok beberapa siswa merasa kesulitan dalam menyampaikan pemikiran pendapatnya karena merasa kurang percaya diri untuk berpendapat. 4.) Terdapat solusi dalam menghadapi hambatan pada penerapan PBL di pembelajaran Pendidikan Pancasila yaitu guru memberikan peran dan tanggung jawab kepada setiap anggota kelompok dan ketua untuk mengkoordinasikan semua anggotanya terlibat dalam kegiatan untuk mengatasi hambatan menyampaikan pemikiran siswa mencatat poin-poin penting agar siswa mengingat gambaran yang akan disampaikan.Kata kunci Problem Based Learning Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/388910

Actions (login required)

View Item View Item