Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah, kecerdasan intelektual (IQ), dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas VIII SMP Negeri 1 Batu / Santy Wahyu Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah, kecerdasan intelektual (IQ), dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas VIII SMP Negeri 1 Batu / Santy Wahyu Lestari

Lestari, Santy Wahyu (2011) Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah, kecerdasan intelektual (IQ), dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas VIII SMP Negeri 1 Batu / Santy Wahyu Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Cara Belajar dan Hasil Belajar Siswa Untuk menciptakan pembangunan nasional di bidang pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional diperlukan peningkatan dan penyempurnaan mutu pendidikan. Dalam hal ini berkaitan erat dengan peningkatan mutu proses pembelajaran yang berkaitan langsung dengan hasil pembelajaran peserta didik. Seperti tujuan pengajaran yang tepat kelengkapan sumber-sumber belajar serta kemampuan guru untuk memanfaatkan fasilitas belajar secara efektif dan efisien. Selain itu guru juga harus mengetahui tingkat intelegensi (IQ) dan cara belajar siswa agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMP Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanasi yaitu peneliti ingin menjelaskan pengaruh antar variabel bebas pemanfaatan fasilitas belajar di Sekolah (X1) Kecerdasan Intelektual (IQ) (X2) dan Cara Belajar (X3) dengan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa (Y). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa SMP Negeri 1 Batu yang dintukan secara acak. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan 5 (lima) pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sedangkan untuk uji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan keseluruhan analisis menggunakan bantuan program SPSS for windows 16.00. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah di SMP Negeri 1 Batu tergolong kategori tinggi. (2) Kecerdasan intelektual (IQ) di SMP Negeri 1 Batu tergolong kategori rata - rata. (3) Cara belajar di SMP Negeri 1 Batu tergolong kategori baik. (4) Hasil beljar siswa di SMP Negeri 1 Batu tergolong kategori baik. (5) Secara parsial pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri I Batu terbukti dengan sig t (0.017) 945 (0.05). (6) Kecerdasan Intelektual (IQ) juga mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri I Batu yang ditunjukkan dengan sig t (0.010) 945 (0.05). (7) Cara belajar juga mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri I Batu yang ditunjukkan dengan sig t (0.014) 945 (0.05). (6) Secara simultan pemanfaatn fasilitas belajar kecerdasan Intelektual (IQ) dan cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII di SMP Negeri I Batu yang ditunjukkan dengan sig t (0.00) 945 (0.05). Nilai R square sebesar 0 557 hal ini menunjukkan bahwa kontribusi yang diberikan variabel pemanfaatan fasilitas belajar kecerdasan intelektual (IQ) dan cara belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) kelas VIII di SMP Negeri I Batu sebesar 55 7%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatn fasilitas belajar di sekolah kecerdasan intelektual (IQ) dan cara belajar baik secara parsial dan simultan berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri I Batu. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru diharapkan mengetahui tingkat kecerdasan intelektual (IQ) dan cara belajar siswa sehingga guru dapat menentukan metode pembelajaran yang cocok untuk siswa. (2) Bagi sekolah diharapkan mensosialisasikan pentingnya pengetahuan guru akan perbedaan kecerdasan intelektual (IQ) yang dimiliki siswa. Hendaknya sekolah juga menyediakan sarana prasarana sekolah yang lebih baik agar dapat digunakan dalam memperlancar proses belajar. (3) Peneliti selanjutnya sebaiknya menambah variabel lingkungan masyarakat dalam memberikan kontribusi perubahan variabel hasil belajar siswa. Selain itu dapat juga menggunakan sampel sekolah lain dan menambah jumlah sekolah yang ditiliti sehingga dapat memberikan hasil yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38891

Actions (login required)

View Item View Item