Manajemen pembelajaran full day school berbasis pendidikan karakter (studi kasus di TK Omah Bocah Annaafi' Malang) / Wahyunita Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran full day school berbasis pendidikan karakter (studi kasus di TK Omah Bocah Annaafi' Malang) / Wahyunita Rahmawati

Rahmawati, Wahyunita (2018) Manajemen pembelajaran full day school berbasis pendidikan karakter (studi kasus di TK Omah Bocah Annaafi' Malang) / Wahyunita Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Wahyunita Rahmawati. 2018. Manajemen Pembelajaran Full Day School Berbasis Pendidikan Karakter (Studi Kasus di TK Omah Bocah Annaafi ). Skripsi Jurusan Administrsi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (II) Dr. H. Sultoni M.Pd. Kata Kunci manajemen pembelajaran full day school pendidikan karakter Dunia pendidikan di Indonesia saat ini terus berbenah untuk meningkatkan mutu sesuai tuntutan masyarakat. Salah satunya berkaitan dengan masalah karakter yang perlu diperhatikan pada generasi muda. Di samping itu di era sekarang ini banyak orang tua yang bekerja dari pagi hingga sore sehingga orang tua memilih memasukkan anaknya yang masih berusia di bawah enam tahun ke sekolah full day. Hal ini dilakukan agar perilaku anak tidak menyimpang karena orang tua tidak bisa melakukan pengawasan. Sekarang ini sudah banyak lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menerapkan konsep full day terutama di wilayah perkotaan. Ketika mengikuti program full day tentu anak akan berada di lingkungan sekolah lebih lama. Jadi pembelajaran berbasis karakter pada full day school harus dikelola dengan baik agar jelas dan terarah sehingga anak didik terbiasa melakukan pembiasaan karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan dan (4) pengevaluasian pembelajaran full day school berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian uji keabsahan data meliputi kredibilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Penelitian dilaksanakan di TK Omah Bocah Annaafi sebagai salah satu sekolah jenjang PAUD yang memiliki konsep full day school dan menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran sehari-hari. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) perencanaan pembelajaran disesuaikan visi misi dan tujuan sekolah yang dimulai dengan membuat indikator sesuai dengan Kurikulum 2013 PAUD serta penentuan tema/sub tema/topik pemilihan indikator sesuai dengan tema dan sentra (program semester) membuat RPPM membuat RPPH sosialisasi kepada wali murid dan penyiapan APE. Karakter yang ingin ditingkatkan oleh sekolah yaitu optimis bertanggung jawab akhlakul karimah meningkatkan kreativitas dan antusias (2) pengorganisasian pembelajaran meliputi pembagian tugas job description jadwal sentra jadwal koordinasi dan jadwal kegiatan harian (3) pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembukaan inti dan penutup termasuk pembiasaan karakter serta (4) pengevaluasian pembelajaran dilakukan setiap hari dan direkap setiap minggu. Kemudian bentuk laporan harian berupa buku penghubung dan laporan semester berupa raport. Kemudian untuk laporan karakter secara umum yang dibuat oleh koordinator psikologi berupa catatan psikologis. vi Saran yang dapat direkomendasikan dari hasil penelitian ini adalah (1) Ketua Yayasan PAUD Omah Bocah Annaafi sebaiknya ikut memberi saran dan masukan tentang indikator karakter yang ingin ditingkatkan oleh sekolah (2) Kepala PAUD Omah Bocah Annaafi sebaiknya segera menyempurnakan indikator-indikator karakter positif dan membuat instrumen penilaian terhadap nilai-nilai karakter sesuai dengan visi dan misi sekolah. Kemudian kepala sekolah juga terus membimbing guru agar tetap memperhatikan pendidikan karakter pada saat melakukan kegiatan pembelajaran dengan anak didik (3) Guru TK Omah Bocah Annaafi hendaknya mengikuti pelatihan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan kualitas mengajar konsisten dalam menstimulasikan karakter kepada anak didik dan memberikan teladan karakter positif kepada anak didik (4) Tenaga Kependidikan PAUD Omah Bocah Annaafi hendaknya terus mendukung penanaman karakter di sekolah memahami karakter yang ingin ditingkatkan oleh sekolah dan memberikan teladan karakter positif kepada anak didik (5) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya menjadikan kajian tentang manajemen PAUD full day school berbasis pendidikan karakter dalam perkuliahan (6) Peneliti lain yang meneliti pada tema yang sama hendaknya menyiapkan jadwal penelitian dengan matang dan memperdalam informasi mengenai jadwal kegiatan di sekolah sehingga semua fokus yang akan diteliti bisa dikumpulkan informasinya melalui wawancara observasi maupun dokumentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3889

Actions (login required)

View Item View Item