Pengaruh minat belajar, motivasi, perhatian siswa dan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar tengah semester gasal tahun ajaran 2010-2011 siswa kelas XI Ilmu Sosial di SMA Negeri 1 Pandaan Kabupaten Pasuru - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar, motivasi, perhatian siswa dan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar tengah semester gasal tahun ajaran 2010-2011 siswa kelas XI Ilmu Sosial di SMA Negeri 1 Pandaan Kabupaten Pasuru

Tyas, Esti Asmaraning (2011) Pengaruh minat belajar, motivasi, perhatian siswa dan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar tengah semester gasal tahun ajaran 2010-2011 siswa kelas XI Ilmu Sosial di SMA Negeri 1 Pandaan Kabupaten Pasuru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci minat motivasi perhatian siswa media pembelajaran hasil belajar siswa. Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas manusia intelektual maupun profesional yang dapat dilakukan adalah perbaikan mutu pendidikan di sekolah khususnya di SMA Negeri 1 Pandaan. Untuk mencapai hal tersebut tidaklah cukup dengan perubahan kurikulum atau meningkatkan prestasi saja perlu juga dilihat dari aspek-aspek yang lain yaitu aspek ekstern dan aspek intern. Aspek ekstern meliputi penggunaan media pembelajaran fasilitas belajar di sekolah guru peran orang tua sedangkan aspek intern adalah meliputi minat motivasi perhatian siswa inteligensi dan potensi lain yang ada dalam diri siswa. Tiga aspek dari aspek intern yaitu minat motivasi dan perhatian siswa merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini cukup beralasan karena merupakan aspek yang bersifat abstrak. Kedua hal tersebut perlu diperhatikan karena merupakan variabel penting yang berpengaruh terhadap tercapainya suatu tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai dalam belajar. Sedangkan dari aspek eksternal antara lain penggunaan media pembelajaran disekolah. Dengan beragamnya media yang digunakan maka diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi kecerdasan intelektual dan dapat mengembangkan diri serta mengikuti perkembangan iptek yang semakin canggih. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa (2) minat belajar siswa (3) motivasi belajar siswa (4) perhatian belajar siswa (5) penggunaan media pembelajaran (6) ada tidaknya pengaruh minat belajar motivasi perhatian siswa dan penggunaan media pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar secara simultan (7) ada tidaknya pengaruh minat belajar motivasi perhatian siswa dan penggunaan media pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar secara parsial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Pandaan dengan populasi berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian populasi karena jumlah responden kurang dari 100 . Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa (1) siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Pandaan memiliki minat belajar yang tinggi dengan persentase 91 42% dengan nilai mean 33. Ini berarti rata-rata siswa memiliki minat belajar yang tinggi. (2) siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Pandaan memilki motivasi yang tinggi dengan persentase 70% dengan nilai mean 37. Ini berarti rata-rata siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. (3) siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Pandaan memilki perhatian yang tinggi dengan persentase 71 42% dengan nilai mean 30. Ini berarti rata-rata siswa memiliki perhatian yang tinggi terhadap mata pelajaran ekonomi. (4) siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Pandaan memilki persepsi tentang penggunaan media pembelajaran yang tinggi dengan persentase 54 29% dengan nilai mean 28. Ini berarti rata-rata siswa memiliki persepsi yang tinggi tentang penggunaan media pembelajaran di sekolah. (5) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa. (6) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. (7) terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian siswa dengan hasil belajar siswa. (8) terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa. (9) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar motivasi perhatian siswa dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Pandaan. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan atau memasukkan variabel lain misalnya IQ EQ ataupun kehidupan ekonomi serta faktor-faktor internal dan eksternal sehingga hasilnya lebih reliabel dan dapat memperkuat teori dan penemuan yang ada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38889

Actions (login required)

View Item View Item