Penerapan pembelajaran berbasis modul pada mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Pratidina Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis modul pada mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Pratidina Fitriani

Fitriani, Pratidina (2011) Penerapan pembelajaran berbasis modul pada mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Pratidina Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Modul Ekonomi Hasil Belajar Pendidikan berperan penting dalam usaha pembentukan generasi penerus dan menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas sehingga dapat bersaing secara global. Pembaharuan di bidang pendidikan ini sebenarnya dimulai dari perubahan behaviorisme (aliran pendidikan) yang diwujudkan dengan pembelajaran yang bersifat teacher centered (berpusat pada guru) dengan pandangan konstruktivisme. Berkaitan dengan perubahan paradigma guru dalam proses belajar mengajar guru perlu menerapkan pembelajaran inovatif yang mampu dan memperkaya pengalaman belajar sehingga aktivitas siswa dalam belajar akan meningkat akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran ekonomi. Salah satu usaha yang bisa dipakai guru untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan pendekatan strategi pembelajaran berbasis modul. Pembelajaran modul termasuk salah satu sistem pembelajaran individual sebab belajar dengan modul menuntut siswa untuk belajar mandiri. Tujuan utama pembelajaran modul adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran di sekolah baik waktu dana fasilitas maupun tenaga guna mencapai tujuan secara optimal. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Malang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMA Negeri 4 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011 sedangkan sampelnya kelas X-1 sebagai kelas control dan kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental (eksperimen semu). Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonrandomized control group pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek kognitif pada tes kemampuan akhir (post-test) antara kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis modul dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Terbukti dari hasil uji-t yang menunjukkan thitung 2 211 ttabel 2 021. Hal ini juga dibuktikan dengan nilai rata-rata kedua kelas pada saat tes kemampuan akhir (post-test). Rata-rata kelas X-3 (kelas eksperimen)yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis modul lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas X-1 (kelas kontrol) yang menggunakan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata kelas siswa kelas X-1 (kelas kontrol) adalah 81 28sedanglan nilai rata-rata siswa kelas X-3 (kelas eksperimen) adalah 85 47. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam mengajar guru hendaknya menggunakan modul untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa juga diharapkan memiliki kreatifitas yang tinggi sehingga modul yang dipelajari dapat diselesaikan tepat waktu dan bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penlitian tentang penggunaan modul pada materi lain dan diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai dasar pengembangan modul sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan di sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38887

Actions (login required)

View Item View Item