Pengaruh kecerdasan emosi kebiasaan belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen pada mata pelajaran ekonomi / Shella Rizqi Amelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan emosi kebiasaan belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen pada mata pelajaran ekonomi / Shella Rizqi Amelia

Amelia, Shella Rizqi (2011) Pengaruh kecerdasan emosi kebiasaan belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen pada mata pelajaran ekonomi / Shella Rizqi Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kecerdasan emosi kebiasaan belajar kondisi sosial ekonomi dan hasil belajar Kecerdasan emosi merupakan suatu kemampuan seseorang untuk memahami diri sendiri dan orang lain dengan menggunakan perasaannya untuk dapat memandu pikiran dan tindakannya. Sedangkan kebiasaan belajar merupakan pembiasaan belajar yang dilakukan siswa. Kondisi sosial ekonomi keluarga banyak menentukan perkembangan dan pendidikan anak karena kebutuhan belajar anak memang memerlukan dana. Jadi ketika kecerdasan emosi menggambarkan perilaku setiap individu kebiasaan belajar memberikan perbaikan dalam belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua semakin mendukung pemenuhan kebutuhan belajar siswa maka pencapaian hasil belajar siswa diharapkan dapat maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel kecerdasan emosi kebiasaan belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen dengan sampel 55 siswa dari kelas tersebut sebagai responden. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dengan menggunakan analisis regresi melalui SPSS 16.0 diperoleh hasil thitung ttabel untuk tiap-tiap variabel yaitu 3 296 2 006 untuk variabel kecerdasan emosi 3 095 2 006 untuk variabel kebiasaan belajar dan 4 377 2 006 untuk kondisi sosial ekonomi. Dari hasil analisis diketahui pula bahwa sekitar 87 7 % hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel kecerdasan emosi kebiasaan belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan variabel kecerdasan emosi kebiasaan belajar dan kondisi sosial ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah (1) diharapkan guru mengetahui bagaimana cara menghadapi siswa yang memiliki kecerdasan emosi kebiasaan belajar dan juga latar belakang keluarga yang berbeda . (2) bagi siswa diharapkan untuk terus belajar dengan baik serta dapat menjaga kestabilan emosi dengan baik agar dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. (3) Untuk penelitian selanjutnya yang melakukan penelitian dengan topik yang sama diharapkan dapat mengambil populasi yang lebih besar dari populasi penelitian ini dan dapat dilakukan di tempat/jenjang pendidikan yang berbeda. Sehingga hasil penelitian nantinya dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38885

Actions (login required)

View Item View Item