Wiratama, Icmi Noorwihenrita Widya (2018) Manajemen pembelajaran kelas Industri Axioo di SMK Negeri 9 Malang / Icmi Noorwihenrita Widya Wiratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Wiratama Icmi Noorwihenrita Widya. 2018. Manajemen Pembelajaran Kelas Industri Axioo di SMK Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd (II) Dr. R. Bambang Sumarsono M.Pd. Kata kunci manajemen pembelajaran kelas industri Axioo Kegiatan pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada umumnya mengandalkan rumusan acuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga kompetensi siswa terbatas. Keterbatasan kompetensi siswa di sekolah dengan yang dihadapi di dunia kerja dapat saling bertolak belakang bahkan tidak teraplikasikan. Maka dari itu SMK melakukan sebuah inovasi yang menjembatani kompetensi pemerintah dan industri melalui pembelajaran kelas industri. Fokus penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan (4) pengevaluasian pembelajaran kelas industri Axioo dan (5) permasalahan manajemen pembelajaran kelas industri Axioo dan pemecahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan wawancara pengamatan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tahapan (a) reduksi data (b) penyajian data dan (c) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik (a) triangulasi (sumber dan metode) (b) pengecekan anggota dan (c) perpanjangan waktu pengamatan. Kesimpulan penelitian terdiri dari lima rumusan (1) perencanaan pembelajaran kelas industri Axioo. Perencanaan pembelajaran kelas industri Axioo pada mata pelajaran TKJ disusun berdasarkan kebijakan pemerintah (struktur kurikulum silabus) industri (silabus SOP) dan sekolah (RPP mata pelajaran TKJ kelas industri Axioo). Proses perencanaan pembelajaran kelas industri Axioo dilakukan dengan menyiapkan seluruh kebijakan yang dijadikan acuan (struktur kurikulum pemerintah silabus pemerintah dan industri Axioo SOP industri Axioo dan modul materi kelas industri Axioo). Selanjutnya menyusun silabus mata pelajaran TKJ dengan menyelaraskan antara silabus pemerintah dan Axioo. Silabus tersebut menjadi acuan dalam penyusunan RPP pada workshop (2) pengorganisasian pembelajaran kelas industri Axioo. Pada pengorganisasian pembelajaran kepala sekolah mengeluarkan surat keputusan melalui waka kurikulum hasil kerja waka kurikulum dikonsultasikan pada kepala sekolah. Setelah surat keputusan diterima Ketua Kompetensi Keahlian (Kakomli) TKJ Kakomli membagi materi dan beban mengajar guru TKJ. Hasil kerja Kakomli TKJ diserahkan ke waka kurikulum (3) pelaksanaaan pembelajaran kelas industri Axioo. Pelaksanaan pembelajaran kelas industri Axioo dilaksanakan di ruangan khusus yang difasilitasi berbagai sarana sesuai dengan standar industri Axioo dan hanya digunakan oleh peserta didik kelas industri. Pembelajaran dilaksanakan dengan tahapan kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup. Prakerin kelas industri Axioo dengan dibukanya seleksi prakerin Axioo melalui vi tes (4) pengevaluasian pembelajaran kelas industri Axioo. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran kelas industri Axioo pada tingkat sekolah (Ujian Akhir Semester) dilakukan satu semester satu kali pada tingkat mata pelajaran (Ulangan Harian Ujian Tengah Semester) dilakukan oleh masing-masing guru pengampu. Ujian sertifikasi kelas industri Axioo merupakan salah satu bagian dari evaluasi pembelajaran kelas industri Axioo dengan laporan evaluasi berupa sertifikat dari pihak Axioo dan dilaksanakan secara online maupun offline di sekolah. Laporan evaluasi pembelajaran kelas industri Axioo disajikan dalam bentuk rapot dengan model yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah dan kegiatan pelaporan kepada wali murid disampaikan pada waktu yang sama dengan kelas reguler dan telah ditentukan oleh pihak sekolah dan (5) permasalahan dan pemecahan manajemen pembelajaran kelas industri Axioo. Permasalahan dan pemecahan dalam perencanaan pembelajaran kelas industri Axioo (a) perbedaan minat belajar maka guru dan wali kelas segera memberikan pemecahan (b) pembiayaan sekolah belum dipenuhi maka sekolah membantu kekurangan finansial (c) guru kurang memahami teknologi maka guru-guru diberi motivasi (d) pengumpulan RPP tidak tepat waktu dan (e) guru kesulitan beradaptasi maka guru tetap harus mengikuti. Permasalahan dan pemecahan dalam pengorganisasian pembelajaran kelas industri Axioo antara lain (a) guru TKJ terbatas maka guru saling bekerjasama atau siswa diberi tugas (b) jam mengajar sering terbentur maka dikomunikasikan di forum dan (c) Kakomli mengatur pembagian beban mengajar guru TKJ maka komunikasi antara Kakomli dan guru-guru TKJ. Permasalahan dan pemecahan dalam pelaksanaan pembelajaran kelas industri Axioo antara lain (a) guru yang bertugas mengikuti pelatihan maka pemberian tugas mandiri (b) pengiriman bahan terlambat maka pihak Axioo mengirimkan bahan praktik pengganti (c) guru sulit beradaptasi maka dipaksa untuk mecoba (d) materi TKJ lebih banyak maka harus pintar dalam penyampaian materi dan (e) minat belajar kurang maka guru berkoordinasi dengan wali kelas. Permasalahan dan pemecahan masalah pada pengevaluasian pembelajaran antara lain (a) pengumpulan nilai tidak tepat waktu maka dateline dimajukan (b) jaringan internet mati maka menggunakan wifi dan LAN (c) membuat dua macam soal untuk kelas reguler dan industri dan (d) pada ujian sertifikasi perakitan laptop ada laptop yang trouble maka dilaporkan dan direturkan. Berdasarkan hasil penelitian saran diberikan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk mengeluarkan himbauan kepada Kepala SMK untuk melakukan kerja sama dengan pihak industri melalui penerapan pembelajaran kelas industri (2) Kepala SMK Negeri 9 Malang untuk melakukan peningkatan mutu pembelajaran melalui perbaikan-perbaikan pembelajaran kelas industri Axioo di SMK Negeri 9 Malang (3) Guru program keahlian TKJ SMK Negeri 9 Malang dapat meningkatkan mutu pada proses kegiatan belajar mengajar di kelas industri Axioo (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat merekomendasikan bahan materi mata kuliah terkait manajemen pembelajaran pada mahasiswa dan (5) Peneliti selanjutnya di bidang pendidikan dapat digunakan sebagai inspirasi dalam pengembangan fokus yang terkait manajemen pembelajaran kelas industri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3888 |
Actions (login required)
View Item |