Perbedaan efektifitas penerapan model pembelajaran group investigation pola acak peer tutoring dan kolaboratif terhadap peningkatan pemahaman konsep ekonomi siswa SMA kelas X di SMA Negeri 8 Malang / Siti Kudoifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan efektifitas penerapan model pembelajaran group investigation pola acak peer tutoring dan kolaboratif terhadap peningkatan pemahaman konsep ekonomi siswa SMA kelas X di SMA Negeri 8 Malang / Siti Kudoifah

Kudoifah, Siti (2011) Perbedaan efektifitas penerapan model pembelajaran group investigation pola acak peer tutoring dan kolaboratif terhadap peningkatan pemahaman konsep ekonomi siswa SMA kelas X di SMA Negeri 8 Malang / Siti Kudoifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Group Investigation Pola Acak Pola Peer Tutoring Pola Kolaboratif Pemahaman Konsep Strategi pembelajaran sangat mempengaruhi minat dan motivasi siswa untuk lebih giat belajar dan termotivasi untuk berkarya. Ketidakberhasilan dalam belajar adalah karena materi yang dirasakan sulit oleh sebagian besar siswa dan strategi/ metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang melibatkan aktivitas fisik maupun mental siswa. Dari permasalahan tersebut diperlukan upaya perbaikan strategi pembelajaran. Salah satunya dapat dilakukan dengan perbaikan teori pembelajaran sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Cooperatif learning merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan. Group investigation merupakan salah satu bentuk dari cooperative learning. Dalam mengimplementasikan group investigation bisa melalui beberapa pola dalam membentuk kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep ekonomi siswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola acak pola peer tutoring dan pola kolaboratif di SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan Quasy Experiment dengan model pretest-postes nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Malang bulan Oktober sampai dengan November. Populasi yang dipilih adalah kelas X sebanyak 8 kelas dan yang menjadi sampel ada 3 kelas dengan rincian satu kelas kontrol dan 2 kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes pemahaman konsep. Sebelum data dianalisis melalui uji hipotesis (melalui Anova atau uji F) dengan SPSS 16.00 release for windows dan uji t yang diperdalam dengan tukey test dan Bonferrony test. Data harus diuji dulu melalui uji prasyarat analisis data dan uji kesamaan kemampuan awal. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep ekonomi antara pola peer tutoring (sig. 0.565 dengan mean -0.739) kolaboratif (sig. 0.198 dengan mean -1.252) dengan pola acak sebagai kontrol. Dan antara peer tutoring dengan kolaboratif tidak ada perbedaan (sig. 0.756 mean - 0.513). Berdasarkan penelitian ini dikemukakan bahwa model pembelajaran group investigation dengan menggunakan pola acak peer tutoring dan kolaboratif tidak memiliki perbedaan dalam meningkatkan pemahaman konsep ekonomi siswa namun jika diamati berdasarkan interaksi dalam bekerja kelompok kelompok yand dibentuk berdasarkan pola peer tutoring lebih aktif dalam diskusi kelompok sedangkan semua anggota kelompok dalam pola kolaboratif memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah guru diharapkan dapat menguasai proses diskusi sehingga masing-masing kelompok bisa bekerja kelompok secara maksimal. Jika guru ingin menumbuhkan tanggung jawab yang besar diantara anggota maka hendaklah menerapkan pola kolaboratif namun jika guru menekankan keaktifan siswa dalam bekerja kelompok pola peer tutoring bisa menjadi pilihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38876

Actions (login required)

View Item View Item