Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Tumpang Malang / Novisana Rahmawati Zulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Tumpang Malang / Novisana Rahmawati Zulfa

Zulfa, Novisana Rahmawati (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Tumpang Malang / Novisana Rahmawati Zulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci persepsi kompetensi guru motivasi prestasi Pendidikan merupakan usaha untuk mempersiapkan generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa. Untuk itu prestasi siswa perlu ditingkatkan untuk mempertinggi daya saing. Dalam peningkatan mutu pendidikan maupun hasil belajar siswa Guru memiliki peranan yang sangat penting karena memegang pendidikan dan pengajaran di sekolah sehingga dapat menentukan keberhasilan siswa. Pada mata pelajaran ekonomi materi yang diajarkan kebanyakan mencakup aspek kognitif saja. Sehingga siswa dituntut untuk mampu mengingat bahkan mengahafal apa yang dijelaskan guru ataupun menghafal apa yang ada dalam buku. Oleh karenanya dibutuhkan seorang guru yang profesional. Karena proses pembelajaran di dalam kelas adalah serangkaian pengalaman yang siswa alami maka siswa akan memaknai pengalaman ini melalui proses persepsi dan hasil persepsi mempengaruhi aktivitas mental selanjutnya. Persepsi siswa dalam hal ini adalah kompetensi guru sebagai pengajar di kelas. Agar kompetensi yang dimiliki seorang guru baik maka seorang guru juga memerlukan peranan siswa untuk memberikan penilaian tanggapan dan koreksi kompetensi guru tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang untuk mengetahui (1) pengaruh secara langsung persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi terhadap motivasi belajar (2) pengaruh secara langsung persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar (3) pengaruh secara langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (4) pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 s.d X-9 yang berjumlah 321 siswa yang masing-masing kelas berbeda jumlah siswanya. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 74 siswa yang diambil secara acak dengan teknik proposional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket yang diisi oleh siswa dan dokumentasi yang didapat dari nilai UTS gasal tahun 2010/2011. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Path Analysis. Hasil analisis dapat diketahui bahwa persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi memiliki thitung 5 125 dan ttabel 1 993 Jadi thitung ttabel atau signifikansi t 0 000 terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi. Variabel X2 memiliki thitung 4 189 dan ttabel 1 933 Jadi thitung ttabel atau signifikansi t 0 000. Variabel X1 mempunyai nilai thitung 15 136 dengan ttabel 1 993. Jadi thitung ttabel atau signifikansi t 0 000. Pengaruh tidak langsung sebesar 0 401 sedangkan pengaruh totalnya sebesar 0 891. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh secara langsung dan positif antara presepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi terdapat pengaruh secara langsung dan positif tentang motivasi belajar terhadap prestasi belajar ada pengaruh secara langsung dan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa ada pengaruhtidak langsung persepsi siswa tentang kompentensi guru terhadap prestasi siswa melalui motivasi belajar. Saran yang dapat diberikan adalah (1) guru hendaknya mempertahankan dan selalu berusaha meningkatkan kompetensinya agar siswa memiliki persepsi yang positif terhadapnya. Dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar ekonomi sehingga tujuan pembelajaran dicapai dengan optimal (2) siswa diharapkan selalu meningkatkan motivasi belajarnya karena dengan memiliki motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh terhadap prestasi yang dicapainya dalam pembelajaran tersebut. Karena motivasi memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa (3) bagi peneliti yang lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk menambah variabel yang akan diteliti sehingga lebih bias mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan lebih bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38873

Actions (login required)

View Item View Item