Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Alam Ar Rohmah Malang / Dianita Saraswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Alam Ar Rohmah Malang / Dianita Saraswati

Saraswati, Dianita (2018) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Alam Ar Rohmah Malang / Dianita Saraswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saraswati D. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Alam Ar Rohmah Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imron Arifin M.Pd (II) Dr. Asep Sunandar S.Pd. M.AP. Kata Kunci pendidikan karakter budaya sekolah. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak baik lahir maupun batin dari sifat yang dibawanya sejak lahir menuju ke arah peradaban yang manusiawi dan lebih baik. Pendidikan karakter merupakan proses yang berkelanjutan dan tidak pernah berakhir (never ending process) sehingga menghasilkan kualitas yang berkesinambungan (continous quality improvment) yang ditujukan pada terwujudnya sosok manusia masa depan dan berakar pada nilai-nilai bangsa. Budaya sekolah merupakan salah satu hal yang berdampak pada pendidikan karakter yang diterapkan dalam suatu sekolah. SD Alam Ar Rohmah Malang merupakan suatu sekolah yang letaknya berada di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah Malang sekolah ini memiliki jaringan nasional di bawah pembinaan DPP Hidayatullah yang terbesar di seluruh wilayah Indonesia dan salah satunya terletak di Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Konsep pendidikan di SD Alam Ar Rohmah Malang ini menggunakan konsep sekolah alam yang berlandaskan Agama Islam. Lingkungan masyarakat yang berada di area pondok membuat daerah tersebut kental akan adat istiadat Islam yang sesuai dengan syariat Islam. Pendidikan karakter di sekolah merupakan kebutuhan viral bagi generasi penerus agar dibekali kemampuan-kemampuan dasar yang mampu menjadi karakter penting untuk hidup di era informasi yang bersifat global tetapi juga mampu berfungsi dengan peran serta yang positif baik sebagai pribadi sebagai anggota keluarga sebagai warga negara maupun warga dunia. Tujuan penelitian ini secara rinci yaitu (1) Mengetahui budaya sekolah yang ada di SD Alam Ar Rohmah Malang (2) Mengetahui proses implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Alam Ar Rohmah Malang (3) Mengetahui peran warga sekolah terhadap implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Alam Ar Rohmah Malang dan (4) Mengetahui implikasi dari budaya sekolah terhadap peserta didik di SD Alam Ar Rohmah Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan analisis data berupa analisis reduksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) reduksi data (3) penyajian data dan (3) verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik (1) ketekunan penelitian (2) triangulasi dan (3) pengecekan anggota. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan empat temuan penelitian yaitu (1) Budaya sekolah di SD Alam Ar Rohmah Malang yaitu (a) budaya disiplin vii budaya bersih budaya ramah budaya adab dan budaya syar i (b) pendidikan karakter melalui budaya sekolah diterapkan pada semua RPP mata pelajaran (c) RPP yang diterapkan menggunakan muatan Tauhid dari Al Qur an dan Hadits (d) pembentukan karakter dilakukan sejak awal pembelajaran dengan cara membiasakan anak (e) adanya 5 materi Pandu Hidayatullah yaitu Tsaqowiyah Jasadiyah Ruhiyah Itjimaiyah dan Itiyadiyah (f) kendala penerapannya yaitu kurangnya keteladanan dan komitmen antara guru dan orang tua (g) sikap guru dalam menghadapi peserta didik (h) guru dan waka kesiswaan bertanggungjawab dalam penerapan budaya sekolah (i) semua warga sekolah mendukung penerapan budaya sekolah (j) solusi kendala yaitu melakukan halaqoh guru pemanggilan orang tua dan pembuatan komitmen (2) Proses implementasi pendidikan karakter di SD Alam Ar Rohmah Malang meliputi (a) program pembentukan karakter (b) proses implementasi dimulai dalam pembelajaran 10 menit halaqoh siswa apel pagi dan pandu hidayatullah (c) SOP KBM yang bermuatan Tauhid (d) penyisipan nilai karakter dalam apresepsi pembelajaran contoh teladan dan pada saat istirahat dan (e) kegiatan rutin dan kegiatan tidak rutin (3) Peran warga sekolah terhadap implementasi pendidikan karakter di SD Alam Ar Rohmah Malang meliputi (a) setiap warga sekolah mendukung kegiatan sekolah (b) wali kelas memiliki peranan penting dalam penerapan pendidikan karakter (c) peran kepala sekolah dalam Planning Organizing Actualting dan Controlling (d) peran waka kurikulum dalam pembuat SOP komite sekolah sebagai pendukung program sekolah dan guru sebagai pendidik dam (e) usaha guru dalam pembentukan karakter dan (4) Implikasi budaya sekolah terhadap peserta didik di SD Alam Ar Rohmah Malang yaitu (a) budaya sekolah memiliki pengaruh terhadap pendidikan karakter peserta didik (b) penerapan pendidikan karaker merubah sikap dan perilaku peserta didik (c) pendidikan yang cocok diterapkan yaitu pendidikan Taqwa Cerdas dan Mandiri (d) cara mempertahankan budaya sekolah dengan membangun kerjasama dengan seluruh warga sekolah (e) evaluasi dilaksanakan setiap semester melalui raport dan buku penghubung dan (f) tindak lanjut evaluasi dengan membuat program yang dapat menunjang karakter peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) Kepala Sekolah Dasar Alam Ar Rohmah Malang Pendidikan karakter di SD Alam Ar Rohmah Malang sangat bagus dan telah sesuai dengan budaya sekolah yang telah ada dan diterapkan di sekolah tersebut sejak awal berdirinya sekolah serta perlunya pengawasan yang lebih baik dan komitmen yang kuat antara sekolah dan orang tua sehingga dapat mendukung pendidikan karakter peserta didik sesuai dengan karakter yang diinginkan sekolah (2) Peserta didik SD Alam Ar Rohmah Malang Pendidikan karakter yang sesuai dengan budaya sekolah diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan pertumbuhan karakter yaitu Taqwa Cerdas dan Mandiri sehingga menjadi bekal ketika berada di lingkungan masyarakat (3) Orang Tua Peserta Didik SD Alam Ar Rohmah Malang pendidikan karakter yang sesuai dengan budaya sekolah diharapkan orang tua dapat selalu mengarahkan dan memperhatikan karakter peserta didik di rumah agar perkembangan karakter peserta didik sesuai dengan apa yang telah diajarkan dan diterapkan di sekolah (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Disarankan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi tema penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan pendidikan karakter melalui budaya sekolah serta menjaga kerja sama viii yang baik dengan sekolah sebagai lokasi penelitian dan (5) Peneliti Lain Dapat melanjutkan penelitian pada berbagai aspek yang belum terungkap tentang pendidikan karakter yang ada di SD Alam Ar Rohmah Malang dan bagaimana kurikulum pendidikan karakter yang diintegrasikan dengan budaya sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3887

Actions (login required)

View Item View Item