Erawati, Triana Dewi (2011) Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan tingkat modernitas siswa terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen / Triana Dewi Erawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Kompetensi pedagogik guru Tingkat modernitas siswa dan economic literacy Dengan perkembangan IPTEK yang sedang dialami oleh Indonesia banyak permasalahan - permasalahan yang muncul tak kecuali masalah ekonomi. Hal ini tidak akan terjadi apabila masyarakat mengerti tentang ilmu ekonomi. Pemahaman ilmu ekonomi sama pentingnya dengan membaca dan menulis untuk dapat mengerti ilmu ekonomi dapat diperoleh dengan belajar. Belajar tidak hanya terikat dengan sektor formal (sekolah) tetapi juga sektor informal (lingkungan pergaulan sosial maupun orang tua). Belajar dipengaruhi oleh dua faktor faktor internal berasal dari diri siswa dan modernitas siswa merujuk pada pengertian tingkatan kondisi tingkatan modern pada seseorang atau masyarakat. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri siswa dan kompetensi pedagogik guru merujuk pada faktor eksternal ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap economic literacy siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kepanjen. 2) Untuk mendeskripsikan pengaru tingkat modernitas siswa terhadap economic literacy siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kepanjen. 3) Untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi pedagogik guru dan tingkat modernitas siswa terhadap economic literacy siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kepanjen. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian korelasional fungsional. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber langsung dari subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket dan tes obyektif pilihan ganda.Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi pedagogik guru dan tingkat modernitas siswa terhadap economic literacy siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen baik secara parsial maupun simultan. Bedasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dan tingkat modernitas siswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap economic literacy siswa baik secara parsial maupun simultan. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah lebih menggali faktor faktor lain yang mempengaruhi economic literacy
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |