Pengaruh kompetensi guru ekonomi, gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa SMA Islam Al Maarif Singosari pada bidang studi ekonomi / Luluk Nur Wasilah Zahrotul Ihwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi guru ekonomi, gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa SMA Islam Al Maarif Singosari pada bidang studi ekonomi / Luluk Nur Wasilah Zahrotul Ihwan

Ihwan, Luluk Nur Wasilah Zahrotul (2011) Pengaruh kompetensi guru ekonomi, gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa SMA Islam Al Maarif Singosari pada bidang studi ekonomi / Luluk Nur Wasilah Zahrotul Ihwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kompetensi guru ekonomi gaya belajar lingkungan sekolah dan hasil belajar Banyak factor yang mempengaruhi proses belajar siswa. Factor-faktor tersebut terbagi dalam dua macam factor yaitu factor intern dan ekstern. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Slameto (2003 54) yang menyatakan bahwa Factor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar digolongkan menjadi dua yaitu factor intern dan ekstern. Factor intern meliputi factor jasmaniah factor psikologis factor kelelahan sedangkan factor ekstern meliputi factor keluarga factor sekolah dan factor masyarakat. Dimyati (247-248 2006) menyatakan bahwa proses belajar mengajar didorong oleh factor intrinsic siswa. Disamping itu proses belajar mengajar juga dapat terjadi atau menjadi bertambah kuat bila didorong oleh lingkungan siswa dan program pembelajaran sebagai rekayasa pendidikan guru di sekolah yang merupakan bagian dari factor ekstern. Dari factor intern sebagian dari hal yang berpengaruh pada belajar menurut Biggs Tefler dan Winkel (dalam Dimyati 238 2006) adalah ciri khas pribadi minat kecakapan pengalaman dan keinginan belajar. Menyimak pendapat dari Biggs Tefler dan Winkel yang dimaksud dari pendapat tersebut tidak lain adalah cara konsentrasi belajar siswa dan cara mengolah bahan belajar yang keduanya dapat diistilahkan sebagai gaya belajar siswa. Dalam penelitian ini hanya dibahas beberapa factor eksternal dan internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah unutk mengetahui seberapa pengaruh kompetensi guru ekonomi gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI dan XII IPS pada bidang studi ekonomi di SMA Islam Al Ma arif Singosari baik secara parsial maupun simultan. Hipotesis yang diajukan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Islam Al Ma arif Singosari (2) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Islam Al Ma arif Singosari (3) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Islam Al Ma arif Singosari (4) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru ekonomi gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Ekonomi. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al Ma arif Singosari dengan populasi siswa kelas XI dan XII IPS yang keseluruhan berjumlah 154 dan diambil sampel sebanyak 26% atau sebanyak 40 siswa. Intrumen yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Data analisis dengan teknik persentase korelasi dan regresi dengan bantuan komputer program excel dan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan kompetensi guru ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Islam Al Ma arif singosari (2) Ada pengaruh yang signifikan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Islam Al Ma arif singosari (3) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Islam Al Ma arif singosari (4) Ada pengaruh yang signifikan kompetensi guru ekonomi gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Islam Al Ma arif singosari Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kompetensi guru ekonomi gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Islam Al Ma arif Singosari. Saran dari penelitian ini adalah (1) Bagi pihak sekolah diharapkan untuk terus lebih meningkatkan kompetensi guru dan terus meningkatkan kualitas lingkungan sekolah sehingga siswa lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar siswa akan terus meningkat (2) Bagi guru diharapkan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki agar hasil belajar siswa dapat terus meningkat (3) Bagi siswa SMA Islam Al Ma arif Singosari khususnya siswa kelas XI dan XII IPS untuk memaksimalkan gaya belajar yang mereka miliki dan kemudian melatihkan penggunaanya secara fleksibel sehingga efektifitas belajar dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38865

Actions (login required)

View Item View Item