Pengaruh modernitas individu dan perilaku sosial terhadap economic literacy siswa kelas XI IPS SMAN I Malang / Ifratus Zuraidah <BR> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modernitas individu dan perilaku sosial terhadap economic literacy siswa kelas XI IPS SMAN I Malang / Ifratus Zuraidah <BR>

Zuraidah, Ifratus (2011) Pengaruh modernitas individu dan perilaku sosial terhadap economic literacy siswa kelas XI IPS SMAN I Malang / Ifratus Zuraidah <BR>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Modernitas Individu Perilaku Sosial Economic Literacy Economic Literacy merupakan kemampuan mengerti dan memahami tentang ilmu ekonomi yang diwujudkan dengan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi masalah dan kemampuan menyelesaikan masalah kemampuan berfikir rasional serta kecenderungan bertindak dalam berperilaku ekonomi sesuai dengan pembelajaran yang telah diperolehnya. Economic literacy merupakan tolak ukur seberapa jauh seseorang menyadari adanya kekuatan yang berpengaruh terhadap kualitas hidup masyarakat. Salah-satu cara yang bisa dilakukan seseorang agar mempunyai economic literacy adalah dengan belajar tentang ilmu ekonomi. Dalam belajar ada beberapa faktor yang mempengaruhi economic literacy. Diantara faktor tersebut adalah modernitas individu dan perilaku sosial. Kedua fakor tersebut saling mendukung untuk menciptakan kondisi belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Medeskripsikan pengaruh modernitas individu terhadap economic literacy siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang (2) Mendeskripsikan pengaruh perilaku sosial terhadap economic literacy siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang (3) Mendeskripsikan pengaruh modernitas individu dan perilaku sosial terhadap economic literacy siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber langsung dari subyek penelitian. Data yang diperoleh berupa data skor dari angket /kuesioner dan data skor dari tes yang diubah menjadi nilai siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang yang berjumlah 92. Jumlah populasi kurang dari 100 maka penelitian ini termasuk penelitian populasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan uji-t untuk mengetahui pengaruh variabel bebas modernitas individu (X1) dan perilaku sosial (X2) secara parsial terhadap variabel terikat economic literacy siswa (Y) dan uji-F untuk mengetahui secara simultan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel bebas modernitas individu (X1) dan perilaku sosial (X2) terhadap variabel terikat economic literacy (Y) baik secara parsial maupun secara simultan. Persamaan regresi Y 7.966 0.737 X1 0.362 X2. Variabel X1 0 737 menyatakan bahwa setiap peningkatan variabel modernitas individu (X1) satu satuan akan meningkatkan variabel economic literacy (Y) sebesar 36.04%. Variabel X2 0 362 menyatakan bahwa setiap peningkatan variabel perilaku sosial (X2) satu satuan akan meningkatkan variabel economic literacy (Y) sebesar 15.32% . Perubahan variabel economic literacy (Y) sebesar 51.36% disebabkan oleh perubahan variabel modernitas individu (X1) dan perilaku sosial (X2) dan sisanya sebesar 48 6% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dideskripsikan dalam penelitian ini. i Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas modernitas individu (X1) dan perilaku sosial (X2) mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel terikat economic literacy (Y) baik secara parsial maupun secara simultan. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa saran yang diajukan peneliti adalah (1) menyesuaikan kurikulum mata pelajaran ekonomi yang tidak hanya sesuai dengan kurikulum pemerintah tetapi juga mendukung pemahaman ekonomi siswa secara menyeluruh selain itu terus meningkatakan pembentukan serta pengembangan perilaku sosial siswa melalui peraturan-peraturan yang ada di sekolah. (2) untuk guru perlu ditingkatkan pendekatan pengajaran ekonomi yang lebih banyak memberikan pengalaman nyata bagi siswa untuk mengenali dan mempraktekkan kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari sehingga guru selain berperan untuk meningkatakan wawasan dan pengetahuan juga mampu berperan untuk menanamkan sikap positif terhadap anak didik (3) untuk peneliti lain yang mempunyai keinginan mengadakan penelitian yang serupa diharapkan variable penelitian lebih diperluas lagi ataupun bisa mengkaitkannya dengan variabel lain sehingga data yang diperoleh bisa lebih relevan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38864

Actions (login required)

View Item View Item