Upaya meningkatkan penggunaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar guru dan siswa dalam proses pembelajaran ekonomi (studi kasus di SMA Negeri 1 Gondanglegi) / Lia Nurfaridah - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan penggunaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar guru dan siswa dalam proses pembelajaran ekonomi (studi kasus di SMA Negeri 1 Gondanglegi) / Lia Nurfaridah

Nurfaridah, Lia (2011) Upaya meningkatkan penggunaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar guru dan siswa dalam proses pembelajaran ekonomi (studi kasus di SMA Negeri 1 Gondanglegi) / Lia Nurfaridah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penggunaan Perpustakaan Sekolah Dalam Pembelajaran. Perpustakaan merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Keberadaan perpustakaan sekolah di SMA Negeri 1 Gondanglegi masih perlu mendapat perhatian lagi mengingat fungsinya sebagai sumber belajar dalam proses belajar mengajar di sekolah. Salah satu usaha untuk mengatasi keterbatasan dalam kegiatan belajar mengajar adalah dengan menyediakan informasi yang mudah diperoleh siswa. Agar dalam proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan penggunaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar guru dan siswa dalam proses pembelajaran ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi keberadaan perpustakaan sekolah mengidentifikasi upaya meningkatkan penggunaan perpustakaan sekolah mengetahui tingkat penggunaan perpustakaan sekolah dan untuk mengetahui hasil penggunaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar guru dan siswa dalam proses pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah guru ekonomi kelas XI IPS dan siswa kelas XI IPS. Lokasi penelitiannya di SMA Negeri 1 Gondanglegi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menyatakan bahwa keberadaan perpustakaan sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran dilihat dari frekuensi berkunjung siswa kelas XI IPS dan guru ekonomi ke perpustakaan ketika jam istirahat dan jam kosong untuk menggunakan bahan pustaka peminjaman buku paket dan buku penunjang lainnya. Koleksi bahan pustaka dan fasilitas yang tersedia di perpustakaan cukup memadai untuk mendukung proses pembelajaran ekonomi. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa keberadaan perpustakaan sekolah di SMA Negeri 1 Gondanglegi telah digunakan sebagai tempat pembelajaran ekonomi oleh guru ekonomi kelas XI IPS dan siswa kelas XI IPS dengan menggunakan fasilitas yang ada di perpustakaan. Saran untuk guru ekonomi kelas XI IPS hendaknya dapat memberikan tugas yang bersumber dari perpustakaan agar siswa dapat menggunakannya untuk pembelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38863

Actions (login required)

View Item View Item