Penerapan perpaduan model pembelajaran cross review horay dan guided note taking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 di MAN 3 Malang / Riska Pristiani

Pristiani, Riska (2011) Penerapan perpaduan model pembelajaran cross review horay dan guided note taking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 di MAN 3 Malang / Riska Pristiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: model pembelajaran cross review horay, model pembelajaran guided note taking, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN 3 Malang dalam proses belajar mengajar masih rendah dibuktikan dengan hasil belajar siswa awal yang rata-rata masih 68,12. Guru selalu berusaha menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif seperti Jigsaw, STAD. Namun, terkadang kurang tepat saat peaksanaan model tersebut. Berkaitan dengan itu, maka peneliti memutuskan menerapkan perpaduan model pembelajaran Cross Review Horay dan Guided Note Taking. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Bagaimana pe-nerapan perpaduan model pembelajaran Cross Review Horay dan Guided Note Tak-ing pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 2 di MAN 3 Malang, (2)Apakah Penerapan perpaduan model pembelajaran Cross Review Horay dan Guided Note Taking dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pe-lajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 2 di MAN 3 Malang, (3)Apakah penerapan per-paduan model pembelajaran Cross Review Horay dan Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 2 di MAN 3 Malang, dan (4)Bagaimana respon siswa kelas XI IPS 2 di MAN 3 Malang terhadap Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Cross Review Horay dan Guided Note Taking. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MAN 3 Malang yang terdiri dari 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil observasi Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus juga telah memperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perpaduan model pembelajaran Cross Review Horay dan Guided Note Taking dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 14,18% dilihat dari 5 aspek yang diteliti dan hasil belajar siswa tampak dari adanya jumlah siswa yang tuntas belajar dari siklus 1 ke siklus 2 dengan keterangan sebagai berikut : (a) Peningkatan hasil belajar dilihat dari aspek kognitif siswa yang tuntas siklus 1 ke siklus 2 yaitu 21,88% (7 siswa); (b) Dilihat dari aspek afektif siswa yang tuntas siklus 1 dan siklu 2 yaitu 24,3% (7 i siswa); (c) Serta dilihat dari aspek psikomotorik jumlah siswa yang tuntas siklus 1 ke siklus 2 yaitu 39% (12 Siswa). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh empat simpulan hasil penelitian tersebut yaitu: (1)Penerapan perpaduan model pembelajaran tersebut pada mata pelajaran ekonomi berjalan baik; (2)Penerapan perpaduan model pembelajaran tersebut dapat Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif; (3)Penerapan perpaduan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar; dan (4)Respon siswa kelas XI IPS 2 di MAN 3 Malang terhadap penerapan perpaduan model pembelaja-ran tersebut adalah positif. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan, yaitu: (1) Bagi sekolah, dapat sebagai bahan referensi sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan di MAN 3 Malang; (2) Bagi guru-guru, hendaknya mulai mencoba menerapkan perpaduan model pembelajaran tersebut; (3) Bagi siswa, hendaknya siswa lebih termotivasi dan aktif saat mendengarkan pelajaran ekonomi; (4) Bagi peneliti, hendaknya lebih tanggap dengan permasalahan dalam pendidikan khususnya dalam pelajaran ekonomi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38861

Actions (login required)

View Item View Item