Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam mengembangkan karakter peserta didik (studi kasus di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Ika Alifiyah

Alifiyah, Ika (2018) Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam mengembangkan karakter peserta didik (studi kasus di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Ika Alifiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alifiyah, Ika. 2018. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik: Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ali Imron, M. Pd., M. Si., (II) Dr. Juharyanto, M. M., M. Pd. Kata Kunci: Kepemimpinan, visi, karakter peserta didik. Kepala sekolah merupakan bagian dari tenaga kependidikan dan berfungsi sebagai pemimpin lembaga pendidikan. Posisi ini memiliki peran penting dalam pengembangan karakter peserta didik melalui ketrampilan kepemimpinannya. Dalam memimpin sebuah lembaga kepala sekolah menjadi salah satu pelaku utama penentu visi dan tujuan sekolah sebagai arah gerak lembaga yang dipimpinnya. Visi dan tujuan sekolah tersebut menjadi landasan pembelajaran baik dalam lingkup akademis maupun non akademis. Hal ini merupakan kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya mengembangkan karakter peserta didiknya. Salah satunya dalam kepemimpinan kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang telah berhasil meraih berbagai macam prestasi serta mengembangkan sekolah di berbagai bidang untuk pengembangan karakter peserta didik, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perumusan visi yang dilakukan oleh Kepala SMK Muhammadiyah 7 Godanglegi; (2) proses shared visi yang diterapkan oleh Kepala SMK Muhammadiyah 7 Godanglegi; (3) proses penerapan visi oleh Kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; (4) pendekatan kepala sekolah dalam implementasi kepemimpinan visioner guna mengembangkan karakter peserta didik; (5) karakter apa saja yang dikembangkan dalam implementasi kepemimpinan visioner Kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Rancangan penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif studi kasus dan menjadikan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi sebagai lokasi penelitiannya. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen kunci untuk melakukan pengumpulan data, sehingga peneliti berupaya menciptakan hubungan baik dengan subyek penelitian di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.. Teknik pengumpulan data yakni dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi sesuai kode yang telah dibuat oleh peneliti, kemudian data disajikan dan ditarik kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data, peneliti menggunakan empat kriteria yakni: (1) keterpercayaan, meliputi triangulasi, pengecekan anggota, perpanjangan waktu vi pengamatan, kecukupan bahan referensi; (2) keteralihan; (3) ketergantungan; (4) kepastian. Temuan penelitian ini antara lain: (1) perumusan visi dilakukan oleh kepala sekolah dengan seluruh guru dan staf sekolah berdasarkan analisis hasil SWOT pada sekolah yang meliputi: Islami, unggul, professional, entrepreneur, dan bertaraf internasional; (2) shared vision dilaksanakan oleh kepala sekolah melalui tahap-tahap: sosialisasi, , memberikan kesempatan kepada warga sekolah untukmenghafalkan, implementasi, mendorong anggota untuk selalu memahami visi yang sudah ada, memberi teladan, evaluasi, memberi reward dan punishment; (3) realisasi visi dilakukan melalui perilaku santun, senyum salam, sapa, tanggungjawab, disiplin dan tertib, selain itu diutamakan dalam KBM dan memaksimalkan sarana prasarana, serta menjalin kerjasama yang baik dengan eksternal; (4) pendekatan dalam implementasi kepimimpinan kepala sekolah dilakukan melalui: kegiatan Morning Spiritual Gathering (MSG), workshop bagi guru dan staf sekolah, penerapan budaya industri Seiri, Seiton, Seiketsu, Seiso, Setsuke (5 S); core value sekolah, serta memberikan teladan kepada warga sekolah; (5) karakter peserta didik yang dikembangkan dalam kepemimpinan kepala sekolah yakni islami, kedisiplinan, dan tanggungjawab yang diimplementasikan dalam kegiatan sholat berjamaah, Sholat Dhuha, Penegak Disiplin Sekolah (PDS), Person In Charge (PIC), juga turut serta dalam kebersihan dan ketertiban sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu kapada: (1) Kepala Sekolah agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk menjadikan sekolah lebih baik lagi dalam pengembangan karakter peserta didik. Senantiasa menjunjung nilai-nilai yang telah diterapkan di sekolah agar menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah lain, serta menjadi rujukan sebagai situs penelitian; (2) Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi agar hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peserta didik, serta senantiasa menjadi teladan bagi setiap peserta didik dalam pembentukan karakter di sekolah; (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi tema penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam mengembangkan karakter peserta didik, serta tetap menjaga hubungan dan kerja sama yang baik dengan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi sebagai situs penelitian; (4) peneliti lain yang memiliki tema penelitian yang serupa disarankan untuk mengembangkan teori lebih luas yang berkaitan dengan kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam mengembangkan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3886

Actions (login required)

View Item View Item