Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Blitar / Acep Dedi Nurdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Blitar / Acep Dedi Nurdiana

Nurdiana, Acep Dedi (2011) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Blitar / Acep Dedi Nurdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemanfaatan perpustakaan sekolah minat baca dan prestasi belajar. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas belajar yang ada di sekolah yang digunakan untuk memudahkan dan memperlancar pelaksanaan proses belajar mengajar. Keberadaan perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber bahan rujukan sumber belajar serta sumber informasi yang fungsinya tidak terpisah dari proses pendidikan dan lembaga pendidikan itu sendiri melainkan terlibat secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar. Namun perpustakaan sekolah tidak akan berarti apabila tidak dimanfaatkan secara efektif. Efektivitas dari pemanfaatan perpustakaan sekolah meliputi frekuensi berkunjung ke perpustakaan untuk memanfaatkan bahan pustaka peminjaman bahan pustaka dan waktu yang digunakan untuk pemanfaatan bahan pustaka. Minat baca merupakan suatu ketertarikan ataupun mengartikan media tertulis dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan Dengan adanya minat baca dapat mendorong seseorang untuk lebih giat memperluas pengetahuannya. Semakin tinggi minat baca pada diri seseorang semakin luas tingkat pengetahuannya dan semakin tinggi pula hasil belajar yang diterimanya Seseorang yang memiliki minat baca dalam dirinya akan memiliki gairah atau kecenderungan untuk melihat serta memahami isi dari apa yang ditulis baik dengan melafalkan atau mengeja apa yang tertulis atau hanya dalam hati saja serta disertai dengan perasaan senang karena merasa ada kepentingan terhadap hal tersebut. Oleh karenanya minat baca sangat penting artinya bagi perkembangan seseorang khususnya siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara variabel bebas (independent) terhadap variabel terikat (dependent). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah (X1) dan minat baca (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Blitar Tahun Ajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 112 siswa dan diambil sampel sebanyak 53 siswa teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling yang didasarkan pada perhitungan rumus. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner tertutup untuk variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca sedangkan untuk variabel prestasi belajar adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif analisis statistik inferensial dengan analisis regresi linear berganda uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F dan koefisien determinanasi (R2) pada taraf signifikansi 0 05. Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 3 Blitar menunjukkan secara parsial pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig. t sebesar (0.023) 945 (0 05) dan thitung (2 352) ttabel (2.021) analisis pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar i secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig. t sebesar (0 010) 945 (0 05) dan thitung (2 697) ttabel (2.021) Sedangkan secara simultan pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig. t (0 000) 945 (0 05) dan Fhitung (19 087) Ftabel (1 600) selain itu dari hasil analisis besar R Square adalah 0.433 hal ini berarti 43 3% perubahan variabel Y disebabkan oleh perubahan variabel X1 dan X2 sedangkan sisanya sebesar 56 7 % disebabkan oleh variabel lain diluar X1 dan X2 yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Blitar. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1). Dari hasil analisis masih terdapat tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah termasuk dalam kategori cukup sehingga diharapkan sekolah ataupun pengelola perpustakaan agara lebih meningkatkan pelayanan dan menyediakan bahan pustaka yang dapat memicu kepada para pengunjung untuk memaksimalkan dalam memanfaatkan perpustakaan. (2). Terdapat siswa yang minat bacanya tergolong cukup sehingga disarankan kepada guru hendaknya lebih memotivasi dan membina kemampuan membaca para siswa dengan sering kali mengadakan proses belajar yang melibatkan perpustakaan sekolah atau dalam proses belajar mengajar diharapkan agar lebih memanfaatkan bahan pustaka yang terdapat di perpustakaan. (3). Dari hasil penelitian ini masih terdapat kekurangan maka dari itu kepada peneliti selanjutnya apabila meneliti hal yang sama diharapkan dapat menyempurnakan hal-hal yang masih kurang dari penelitian ini selain itu diharapkan agar lebih mengembangan variabel yang ingin diteliti dan dalam pengambilan data agar lebih ditingkatkan sehingga hasil yang diperoleh akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38858

Actions (login required)

View Item View Item