Penerapan pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X.5 pada SMAN 2 Blitar / Neny Amalia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X.5 pada SMAN 2 Blitar / Neny Amalia Sari

Sari, Neny Amalia (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X.5 pada SMAN 2 Blitar / Neny Amalia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Pembelajaran Snowball Throwing Berpikir Kritis Hasil Belajar. Kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas harus ditingkatkan agar mutu pendidikan di sekolah semakin meningkat. Salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan penyempurnaan kurikulum serta penggunaan metode yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif terdiri dari empat model yaitu Student Teams Achievement Division (STAD) Jigsaw Group Investigation (GI) dan metode Sruktural yang terdiri dari dari dua model Think Pair Shair (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT). Dalam penelitian ini metode pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together). Model pembelajaran NHT adalah struktur yang melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dengan pembentukan kelompok-kelompok kecil. Agar hasil belajar yang diperoleh siswa optimal maka pembelajaran kooperatif NHT perlu dilakukan kolaborasi dengan model pembelajaran lain. Dalam penelitian ini pembelajaran kooperatif NHT berkolaborasi dengan model pembelajaran Snowball Throwing. Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang bermain sambil belajar sehingga siswa menerima pelajaran dengan perasaan senang. Model Snowball Throwing melatih kesiapan siswa menerima pertanyaan dan saling memberikan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa sesudah dilaksanakan penerapan pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) catatan lapangan dan tes tertulis. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.5 SMA Negeri 2 Blitar yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan berikir kritis siswa sebelum dilaksanakannya pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan model pembelajaran Snowball Throwing rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 52 91% dan setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa menjadi 78 32% sehingga kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sebesar 24 41%. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal sebelum dilaksanakannya pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan model pembelajaran Snowball Throwing sebesar 62 5 dan setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif hasil belajar siswa secara klasikal menjadi 100% sehingga meningkat sebesar 37 5%. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Blitar disarankan penerapan pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan model pembelajaran Snowball Throwing hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan dan lingkungan belajar siswa dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi (2) Bagi sekolah Pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan model pembelajaran Snowball Throwing dapat digunakan sebagai pertimbangan pengembangan strategi pembelajaran bagi mata pelajaran yang lain sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Blitar (3) Penerapan pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) terintegrasi dengan model pembelajaran Snowball Throwing hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda. Untuk peneliti selanjutnya hendaknya membuat variasi metode pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terintegrasi dengan metode pembelajaran yang lain dan indikator pengamatan yang lebih bervariasi bukan hanya mengamati hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38857

Actions (login required)

View Item View Item