Penerapan metode pembelajaran kooperatif model students teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Aldila Septiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model students teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Aldila Septiana

Septiana, Aldila (2011) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model students teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Malang / Aldila Septiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Hasil Belajar Siswa Respon Siswa Kualitas kehidupan suatu bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan sehingga pembaharuan dalam dunia pendidikan harus selalu dilakukan. Namun selama ini banyak sekali anggapan bahwa pengetahuan yang diperoleh hanyalah seperangkat fakta-fakta yang dihafal oleh siswa karena pembelajaran di kelas kebanyakan masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Malang ditemukan bahwa selama ini kegiatan Pembelajaran ekonomi masih berpusat pada guru (teacher centered) sehingga menyebabkan kegiatan pembelajaran masih terbatas. Hal ini terjadi karena kecenderungan guru masih menggunakan metode ceramah dengan proporsi yang cukup anyak yang berorientasi pada ketercapaian dan ketuntasan materi mata pelajaran ekonomi yang merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Akhir Nasional (UAN). Oleh sebab itu dibutuhkan perubahan paradigma dalam proses pembelajaran dari yang bersifat teacher centered menjadi student centered untuk mendapatkan hasil yang berkualitas yaitu dengan cara embelajaran kooperatif. Salah satunya dengan model Student Teams Achievement Divisions (STAD). Pembelajaran Kooperatif adalah pembelajaran yang terdiri dari 4- 5 orang siswa dalam satu kelompok yang heterogen untuk dapat bekerjasama antar siswa sehingga siswa dapat berpatisipasi secara aktif dalam kelompoknya. Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah model pembelajaran yang melibatkan 4-5 siswa secara heterogen dalam satu kelompok belajar untuk saling bertukar pikiran dalam penguasaan terhadap suatu pokok bahasan materi dan bekerjasama dalam penyelesaian tugas untuk memecahkan masalah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang termasuk penelitian kualitatif bersifat deskriptif yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan awal pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai 13 November 2010. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 semester gasal tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengujian instrumen penelitian dilakukan dengan cara uji validitas uji reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil belajar siswa ranah kognitif diukur melalui pre test post test (siklus I dan II) ranah afektif sesuai dengan format penilaian rubrik ranah afektif dan ranah psikomotorik melalui tugas diskusi kelompok belajar (secara individu) sedangkan respon siswa diukur melalui ngket dan pedoman wawancara di akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan respon siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Dari paparan data menunjukkan bahwa untuk hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat. Hasil ini didasarkan pada nilai rata-rata 77 07 pada siklus I meningkat menjadi 90 69 pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa ranah afektif nilai sikap rata-rata 75 12 pada siklus I meningkat menjadi 86 45 pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa ranah psikomotorik nilai rata-rata 76 21 pada siklus I meningkat menjadi 85 17 pada siklus II. Sedangkan respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) baik hal ini terbukti dengan 27 58% siswa yang menyatakan sangat setuju 62 07% siswa yang menyatakan setuju 9 48% siswa yang menyatakan kurang setuju serta 0 86% siswa yang menyatakan tidak setuju. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan respon siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Saran dalam penelitian ini antara lain (1) bagi masing-masing tingkat satuan pendidikan dan guru mata pelajaran ekonomi dapat disarankan untuk menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) hendaknya menyesuaikan dengan RPP kondisi kelas dan alokasi waktu dan hendaknya lebih mengawasi dan membimbing siswa dalam diskusi kelompok belajar agar tidak terjadi dominasi satu orang siswa (2) bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang sejenis pada kompetensi dasar yang lain guna mengetahui tingkat keberhasilan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38856

Actions (login required)

View Item View Item